sumber: bonvoyagejogja.com

Walang Goreng, Makanan Unik Asal Gunungkidul

Posted on

Di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, selain memiliki wisata pantai yang berlimpah, ia juga memiliki beberapa kuliner yang unik, salah satunya adalah Walang Goreng atau Belalang Goreng.

Mungkin di daerah lain, seperti di Jakarta, belalang bukan hewan yang biasa diolah sebagai makanan. Bahkan di beberapa tempat belalang dianggap sebagai hama bagi petani. Namun, bagi warga Gunungkidul, belalang bisa dijadikan makanan dengan bahan baku yang tidak biasa namun memiliki rasa yang lezat dan unik.

Jika Anda pecinta kuliner ekstrim, Anda harus mencoba Belalang ini. Di sepanjang pinggir jalan Wonosari (ibu kota Gunungkidul) anda akan menemui banyak penjual belalang goreng atau pun yang masih belum diolah.

Belalang Goreng adalah makanan khas Gunungkidul yang wajib Anda coba jika berkunjung ke daerah ini. Belalang goreng diubah menjadi makanan yang memiliki banyak nutrisi. Bahkan belalang memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan. Biasanya, belalang dapat dibawa pulang dengan harga sekitar Rp. 15.000 / toples.

sumber: Tribunnews.com

Tahukah Anda bahwa belalang goreng memiliki gizi yang sangat baik seperti protein, lemak, kalsium dan zat besi? Menurut penelitian, belalang memiliki protein yang sangat tinggi dibandingkan ayam, sapi bahkan lebih tinggi daripada protein udang. Belalang juga sangat aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita jantung karena belalng memiliki kandungan kolesterol rendah.

Belalang yang telah dikumpulkan cukup dibersihkan dengan air lalu direndam pada air panas. Setelah itu dimasak dengan cara digoreng dan dicampur dengan bumbu spesial. Belalang goreng ini bisa bertahan hingga seminggu. Belalang sendiri sulit didapat, karena mencarinya cukup sulit, maka harganya bisa mencapai 30 ribu per toples. Belalang biasanya dijual di jalan di sekitar jalan menuju wisata pantai di Gunungkidul.

Belalng Goreng bisa dimakan sebagai cemilan ataupun menu makan, namun masyarakat sekitar lebih sering menggunkan Belalng Goreng sebagai lauk dengan nasi ataupun tiwul. Menurut orang yang sudah mencicipi rasa belalang goreng, mengaku bahwa rasanya seperti udang yaitu gurih dan renyah.

Masyarakat mengolah belalang goreng karena belalang goreng memiliki kandungan protein lebih tinggi sekitar 20 persen dari belalang yang masih segar atau belum diolah. Tidak hanya di Gunungkidul saja belalang goreng dikonsumsi sebagai makanan, tetapi di Thailand juga menjadikan belalang goreng sebagai makanan yang dijual di pasar tradisional.

Warga Gunungkidul biasanya mengolah belalang goreng dengan beberapa cara, mulai dari menciptakannya dengan 3 varian rasa, yaitu gurih, pedas dan manis. Untuk mengolah makanan lezat ini cukup mudah, bumbu yang digunakan sangat sederhana, yaitu ketumbar, garam dan bawang putih. Bagi yang suka rasa pedas, Anda bisa menggunakan sedikit cabai saat mengolahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *