Tips Merencankan Liburan Akhir Tahun agar Berjalan Lancar

Posted on

Akhir tahun maupun pergantian tahun merupakan momen yang spesial dan menyenangkan, karena di saat-saat tersebut banyak hal menarik terjadi. Salah satu yang paling ditunggu adalah liburan akhir tahun. Ya, akhir tahun bisa menjadi momen yang pas untuk berlibur baik bersama keluarga ataupun orang terdekat, karena di momen tersebut banyak orang yang tidak disibukkan dengan kegiatannya masing-masing.

Namun, seperti yang kita ketahui, akhir tahun merupakan peak season, dimana banyak sekali orang-orang yang berlibur, traveling, mudik, dan lain-lain, sehingga harga transportasi, akomodasi, dan lain-lain menjadi lebih mahal. Maka dari itu, jika anda ingin berlibur di akhir tahun, sebaiknya harus direncankan dengan baik-baik.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam merencankan liburan akhir tahun.

1. Menentukan waktu liburan

Yang pertama adalah menentukan kapan waktu keberangkatan dan berapa lama anda akan berlibur. Hal ini pentink karena dapat menentukan tujuan, tiket perjalanan, penginapan, dan lain-lain. Jika anda terlalu mendadak dalam menentukan durasi liburan, memesan tiket, mencari penginapan tentu akan mendatangkan hal-hal yang tidak diinginkan serta tidak baik untuk dompet.

2. Merencankan pengeluaran

Jika sudah menentukan kapan waktu berlibur dan durasinya, yang harus anda rencankan selanjutnya tentu saja budget yang ingin anda keluarkan. Susunlah biaya atau anggaran mulai dari beli tiket transportasi, biaya penginapan, rental kendaraan, biaya makan dan minum, jajan, obyek wisata, membeli oleh-oleh, dan sebagaianya.

Anda perlu merencnakan hal-hal tersebut sesuai dengan budget anda dan tidak melebihinya agar liburan anda terasa menyenangkan tanpa harus merasa kehilangan uang.

3. Menentukan wisata

Agar liburan akhir tahun anda semakin menyenangkan, pilihlah tempat wisata yang menarik. Anda dapat melihat-lihat tempat-tempat menarik yang dapat anda kunjungi di Internet atau bertanya kepada orang-orang terdekat mengenai tempat wisata yang asik dan seru.

Dalam menentukan tempat wisata harus sesuai dengan anggaran, jika anggaran anda besar maka bisa pergi ke tempat yang agak jauh dan lama. Namun jika anggaran biasa saja, bisa memilih tempa-tempat wisata terdekat namun seru.

4. Memesan jauh-jauh hari

Memesan tiket transportasi atau pesawat dan hotel jauh-jauh hari merupakan salah satu cara untuk menghemat budget. Ada baiknya untuk memesan tiket transportasi dan hotel beberapa bulan sebelumnya, hal ini tentu saja untuk menghindari pelonjakan harga karena dalam musim liburan. Selain itu anda juga tidak perlu khawatir kehabisan tiket transportasi atau hotel karena sudah banyak di-booking.

5. Menabung

Menabung atau juga menyisihkan uang untuk liburan akhir tahun juga dapat anda lakukan agar liburan anda lebih terencana dan menyenangkan, hal ini selain memungkinkan anda untuk menikmati liburan dengan sesuka hati juga akan mencegah pembengkakan biaya liburan. Waktu anda menabung bergantung dari rencana liburan anda. Jika anda ingin liburan yang mewah tentu harus menabung lebih lama, begitu juga sebaliknya. Dengan menabung hati akan terasa lebih tenang karena dompet aman.

Itulah beberapa tips untuk merencankan liburan akhir tahun yang lancar dan menyenagkan, anda harus dapat merencankana 5 hal tersebut sebaik mungkin. Sebenarnya masih ada hal-hal lain yang harus anda rencankan, namun kelima hal tersebut merupakan hal-hal yang paling penting.

Walaupun sering kali renacana yang sudah anda buat tidak berjalan dengan semestinya, anda tidak boleh terlalu pusing memikirkannya, karena pada dasarnya liburan adalah untuk bersenang-senang. Jika menurut anda merencankan akan mengurangi kenikmatan saat liburan, anda bisa menyusunnya agar lebih simple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *