5 Tempat Wisata di Blitar yang Terkenal

Posted on

Blitar merupakan kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur ini terkenal sebagai kota Proklamator. Tidak hanya memiliki wisata sejarah, kota Blitar juga memiliki tempat-tempat wisata menarik lainnya. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Blitar yang terkenal dan wajib dikunjungi.

1. Pantai Tambakrejo

Perahu nelayan di Pantai Tambakrejo

Tempat wisata di Blitar yang cukup terkenal adalah Pantai Tambakrejo, yang bisa dikunjungi di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Pantai ini cocok dikunjungi bagi siapa saja yang ingin menyegarkan pikiran. Air yang biru bersih, pasir putih, serta pemandangan sekitar yang indah akan membuat anda bertah berlama-lama di pantai ini.

Anda juga bisa seru-seruan bermain air sepuasnya di Pantai Tambakrejo karena ombaknya tidak terlalu besar, terutama pada sore hari, air pantainya sudah mulai surut. Di pantai ini, terdapat pelelangan ikan di mana wisatawan dapat membeli ikan-ikan segar dari nelayan lokal.

2. Candi Penataran

Arsitektur Hindu Candi Penataran

Tempat wisata di Blitar selanjutnya adalah Candi Penataran, yang merupkan kompleks candi terbesar di Jawa Timur dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Candi Penataran bisa anda kunjungi di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok. Tempat wisata di Blitar ini cocok untuk anda yang tertarik dengan wisata sejarah. Candi ini merupakan candi Hindu yang memiliki sejarah panjang mulai dari Kerajaan Kediri hingga Kerajaan Majapahit.

Candi Penataran cukup terjaga kebersihannya dan memiliki berbagai fasilitas khusus untuk para wisatawan seperti warung makan, wc, dan tempat parkir.

3. Istana Gebang

Tempat wisata di Blitar, Istana Gebang dari depan

Istana Gebang juga termasuk tempat wisata di Blitar dengan nuansa sejarah. Tempat ini adalah rumah masa kecil Bung Karno, yang berlokasi di Jalan Sultan Agung. Rumah ini memiliki luas 2 ha, yang berisi bangunan kuno yang masih terjaga hingga kuno. Pengunjung dapat melihat-lihat isi rumah ini yang terdiri dari perabotan kuno yang masih tertata rapi, desain eksterior dan interior bangunannya pun akan memberikan nuansa yang berbeda, seperti kembali ke tempo dulu.

4. Goa Embultuk

Bagian dalam Goa Embultuk

Goa Embultuk adalah goa yang cukup terkenal di Blitar dan banyak dikunjungi oleh Wisatawan. Anda bisa mengunjungi goa ini di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung. Goa ini memiliki ukuran yang sangat panjang yaitu sekitar 1.5 km.

Saat memasuki goa, anda akan menemukan batuan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi pilar-pilar goa. Dalam goa ini juga terdapat ruangan yang cukup luas beralaskan pasir yang dapat menampung 100 – 200 orang, konan dulunya tempat ini digunakan bersembunyi anggota PKI.

5. Water Park Sumber Udel

Tempat wisata di Blitar, Water Park Sumber Udel

Tempat wisata di Blitar yang satu ini cocok untuk liburan keluarga atau bersama anak. Water Park Sumber Udel menyediakan kolam dan wahana air untuk bersenang-senang. Fasilitasnya pun cukup komplit, seperti wc, ruang ganti, kantin, tempat parkir, gazebo, dan lain-lain. Kolam renang yang ada di tempat ini terbagi untuk dewasa dan anak-anak.

Selain itu, daya tarik Water Park Sumber Udel lainnya adalah lokasinya yang strategi dengan tempat wisata lainnya seperti Alun-Alun Kota Blitar dan Makam Bung Karno.

6. Pantai Peh Pulo

Pemandangan Pantai Peh Pulo dari samping

Pantai Peh Pulo adalah pantai yang tak kalah terkenal dengan Pantai Tambakrejo. Daya tarik utama pantai ini terletak pada keindahan alamnya yang belum tereksplorasi, bahkan keindahan pantai ini sering dikatakan mirip dengan Raja Ampat. Pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar, walaupun begitu banyak nelayan yang mencari ikan di pantai ini.

Pantai Peh Pulo berlokasi di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, untuk menuju ke pantai ini cukup sulit karena aksesnya belum di aspal dan para pengunjung lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua untuk mengunjungi pantai ini.

Itulah 6 tempat wisata di Blitar yang terkenal di Blitar dan bisa anda kunjungi kapan pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *