Samitra Wisata

Tempat-Tempat di Surabaya yang Menarik untuk Dikunjungi

Posted on

Sebagai kota terpadat kedua di Indonesia, Surabaya sering diabaikan sebagai tujuan wisata. Namun Surabaya juga memiliki tempat-tempat wisata menarik, bangunan terkenal yang menakjubkan, dan pesona alam membuatnya lebih dari sekadar kota metropolitan. Dari bangunan bersejarah hingga pantai, temukan tempat-tempat yang menarik dan seru untuk dikunjungi di Surabaya.

Jembatan Suramadu

Tirto

Lebih dari sekedar fungsinya, jembatan ini menjadi tempat menarik untuk dikunjungi karena keindahan arsitektur dan konstruksinya. Jembatan Suramadu, yang merupakan terpanjang di Asia Tenggara sejauh ini, menghubungkan Surabaya dengan pulau Madura. Anda tidak hanya dapat menyeberang ke pulau yang sebelumnya lama untuk diakses, tetapi juga pemandangan dari jembatan juga sangat indah.

Masjid Cheng Hoo

surabayarollcake.com

Surabaya memiliki penduduk Cina yang hidup dan berbaur di antara penduduk setempat. Interaksi budaya ini melahirkan adat istiadat dan landmark yang unik, termasuk Masjid Cheng Hoo, sebuah masjid bergaya pagoda yang menakjubkan dengan arsitektur oriental yang sangat jelas dan simbol-simbol agama Muslim. Masjid ini dibangun untuk menghormati laksamana China yang membantu menyebarkan Islam di negara tersebut.

Candi Sanggar Agung

lapissurabaya.co.id

Kuil ini, juga dikenal sebagai Kuil Hong San Tan, artistik dalam gaya dan fungsinya. Sebagai rumah ibadah bagi pengikut Buddha, Tao, dan Kong Hu Cu, candi ini menunjukkan pengaruh dari budaya Cina, Jawa, Bali, dan Thailand dalam arsitekturnya. Kompleks candi agung menampilkan patung Guan Yin yang monumental setinggi 20 meter, didukung oleh patung raksasa naga dengan laut di latar belakang.

Masjid Ampel

peradabandansejarah.blogspot.com

Didirikan pada tahun 1421, ini adalah masjid tertua di Jawa Timur, dibangun oleh Sunan Ampel yang dihormati, yang merupakan salah satu dari sembilan ulama yang dikenang untuk perluasan Islam di Jawa dan makamnya terletak di kawasan yang sangat kompleks. Selain arsitekturnya yang mengesankan, area di sekitar Masjid Ampel juga menjadi Distrik Arab, yang dipenuhi bangunan, toko, dan makanan Timur Tengah.

Monumen Kapal Selam

MLDSPOT

Sebuah kapal selam besar di tengah kota memang merupakan pemandangan aneh yang tidak masuk akal yang memicu rasa ingin tahu. Monumen Kapal Selam ini adalah senjata perang sungguhan, yang bersumber dari Rusia dan digunakan oleh angkatan laut Indonesia segera setelah kemerdekaan. Karena sekarang sudah pensiun, kapal selam ini berfungsi sebagai objek wisata populer yang mengisahkan cerita tentang sejarah maritim bangsa.

Pantai Ria Kenjeran

Samitra Wisata

Dihadapkan dengan daerah perkotaan yang luas dan dinamis seperti Surabaya, orang dapat dengan mudah melupakan kota ini juga memiliki keindahan alam yang indah. Surabaya memiliki pantai yang indah, termasuk Ria Kenjeran yang populer dan dikelola dengan baik, setengah jam dari pusat kota. Selain pemandangan matahari terbit dan terbenam yang luar biasa, kawasan pantai juga memiliki berbagai hiburan, wahana, fasilitas, dan akomodasi.

Tugu Pahlawan

Wikipedia

Karena pentingnya gerakan kemerdekaan, Surabaya dijuluki ‘Kota Pahlawan’. Tidak banyak perjuangan kemerdekaan yang masih dapat dilihat di kota modern, tetapi Tugu Pahlawan adalah monumen yang didedikasikan untuk para pejuang Negara. Wisatawan juga dapat mengunjungi Museum 10 November di bagian bawah tugu, memperingati Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945, yang masih dirayakan secara nasional sebagai Hari Pahlawan.

Pasar Atom

pasaratom.com

Mega-mal dan pusat perbelanjaan modern berada di setiap sudut kota Surabaya, tetapi Pasar Atom masih memiliki tempat khusus sepanjang sejarah kota. Didirikan pada tahun 1972, banyak penduduk setempat dan wisatawan masih lebih memilih pasar ini untuk mendapatkan barang-barang murah dan buatan lokal, dari fashion hingga elektronik. Pasar ini juga berfungsi sebagai pusat kuliner besar di mana wisatawan dapat mencicipi semua jenis permen tradisional, makanan ringan, dan masakan khas.

Nah, itula tempat-tempat yang menarik untuk anda kunjungi di Surabaya, sangat cocok sekali untuk anda yang sedang bosan atau mencari tempat yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *