sumber: cloudinary.com

Si Mungil yang Eksotis Pantai Ngrenehan Gunungkidul

Posted on

Pantai Ngrenehan adalah salah satu objek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Kecamatan Saptosari Desa Kanigoro sekitar 30 km selatan Wonosari.

Pantai Ngrenehan adalah tempat pemancingan pantai yang menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan pasir putih yang dikelilingi oleh bukit kapur dengan ombak yang menyapu garis pantai yang menambah kesan eksotis. Keberadaan wisata Pantai Ngrenehan yang tersembunyi, membuat pantai ini belum banyak dikenal oleh para wisatawan, karena untuk mencapai pantai ini Anda harus melewati jalan yang sempit dan berkelok-kelok, selain itu tidak ada transportasi ke lokasi pantai.

sumber: kabarwisata.com
sumber: cloudinary.com

Pantai Ngrenehan diselimuti bukit serta karang yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan pantai dari atas, selain itu dinding karang ini memiliki fungsi menahan terjangan ombak, sehingga Pantai Ngrenehan ini sangat ramah karena ombak tidak terlalu besar.

Selain menawarkan pemandangan yang cukup mempesona, Pantai Ngrenehan, pengunjung Pantai Ngrenehan dapat menyaksikan langsung aktivitas memancing maupun para nelayan setempat dalam mencari ikan, hasil dari tangkapan ikan tersebut diangkut ke tempat pelelangan.

Bagi yang suka makanan laut juga bisa mencicipi makanan siap saji di warung-warung terdekat untuk menikmatinya bersama nasi liwet atau bisa membeli barbagai macam ikan dan lobster yang masih segar sebagai oleh-oleh atau memasaknya di rumah.

Selain membeli langsung makanan laut segar, Anda juga bisa menikmati hidangan produk olahan laut yang tersedia di warung-warung di sekitar pantai.

sumber: panduanwisata.id
sumber: tripadvisor.com

Akses ke Pantai Ngrenehan

Untuk menuju Pantai Ngrenehan ini, anda bisa mengambil jalur dari Jogja ke Wonosari, hingga di lapangan Gading, belok ke arah Playen, Paliyan, setelah itu rute akan dilanjut menuju Trowono. Rute ini anda akan melewati hutan Sodong dengan jalanan naik turun dengan panorama alami dimana sesekali kehadiran monyet kita temui sedang menyeberang jalan.

Untuk mencapai Pantai Ngrenehan ini cukup mudah, karena tersedia papan petunjunk ke Pantai Ngrenehan. Melewati mata air Namberan Trowono, kemudian di teruskan di Kanigoro, Saptosari. Beberapa saat kemudian, anda akan menjumpai papan petunjunk yang menunjukan arah kanan ke Pantai Ngobaran, dan kiri ke Pantai Ngerenehan. Jika anda mengikuti papan tersebut, anda akan tiba di pantai yang indah dan eksotis ini.