sumber: Tribunnews.com

Rekomendasi 5 Gudeg Terenak di Jogja yang Legendaris

Posted on

Kalau bicara soal kuliner Jogja, tentunya Gudeg menjadi kuliner yang tidak bisa dipisahkan dari Kota ini. Sensasi rasa gori atau nangka muda dan krecek dengan siraman areh atau atau kuah santan yang gurih dan manis di lidah, membuat kuliner khas Jogja ini banyak diminati semua kalangan.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke Jogja, berikut ini adalah Rekomendasi 5 Gudeg Terenak di Jogja yang Legendaris.

1. Gudeg Yu Djum

sumber: kompas.com

Membicarakan tentang kehangatan suasana Jogja tidak lengkap jika Anda belum membicarakan Gudeg Yu Djum yang terkenal ini. Dapat dikatakan bahwa kebanyakan orang akan merekomendasikan rumah makan legendaris ini sebagai salah satu gudeg favorit di Jogja. Bukan tanpa alasan, karena kenikmatan hangat yang telah terjalin selama 60 tahun telah diakui oleh banyak orang. Tak heran, berkunjung ke sini, terutama saat makan siang, Anda pasti harus rela mengantri.

Satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi putih, nasi panas, sambal krecek, dan lauk pauk. Lauknya juga sangat beragam, dari ati ampela, telur bebek, hingga ayamnya yang gurih dan menggoda.

Gudeg Yu Djum memiliki beberapa cabang, namun pusatnya berada di Jl. Kaliurang, Sleman.

Alamat: Jalan Kaliurang km 4.5 Karangasem CT III/22, Sleman, Yogyakarta

2. Gudeg Sagan

sumber: bonvoyagejogja.com

Jika beberapa warung Gudeg lainnya memiliki konsep warung, dapur dan lesehan, maka Gudeg Sagan memiliki konsep restoran. Di toko yang terletak di Jalan Profesor Dr. Herman Yohanes Nomor 53, Caturtunggal ini, menyajikan gudeg basah dengan nasi dan ayam yang dimasak di kompor kayu. Ya, meskipun terlihat seperti restoran modern, cara membuat makanan dan minumannya masih tradisional. Ciri khas lain dari Gudeg Sagan adalah areh, juga dikenal sebagai saus hangat yang banyak dituangkan dalam porsi panas. Restoran Gudeg Sagan buka mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB.

Alamat: Jl. Prof Dr. Herman Yohanes No. 53, Caturtunggal, Depok, Samirono, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

3. Gudeg Pawon

sumber: klikhotel.com

Pawon dalam bahasa Jawa berarti “dapur”. Sesuai namanya, rumah makan ini menyajikan makanan panas langsung di dapur. Secara luar biasa, Gudeg Pawon baru dibuka pukul 23.30 WIB. Anda bisa merasakan sensasi makan tengah malam di dapur. Meskipun buka pada tengah malam, jangan heran jika Anda harus mengantri untuk merasakan Gudeg khas ini.

Alamat: Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164

4. Gudeg Permata Bu Pujo

sumber: visitingjogja.com

Setiap warung memiliki suasana yang unik, serta termasuk Gudeg Permata Bu Pujo. Pengunjung juga bersedia mengantri selama mereka dapat menikmati hidangan yang panas lezat yang telah dijual sejak sore hari ini. Lauknya bervariasi, dari tahu tempe dan bacem, telur pindang, ati ampela dan daging ayam. Tetapi yang membuat Gudeg Permata Bu Pujo terkenal, karena rasa gurih di lidah dari areh yang disiram di atas gudeg.

Alamat: Jl. Gajah Mada, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111

5. Gudeg Yu Narni

sumber: Tribunnews.com

Gudeg yang ditawarkan oleh Gudeg Yu Narni termasuk dalam jenis gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan santan kental. Jenis gudeg ini cenderung lebih manis daripada yang lainnya. Namun, di warung ini Anda bisa menambahkan sambal khas, sehingga rasanya akan manis dan pedas.

Sebagian gudeng dari Yu Narni disajikan dalam anyaman rotan dan daun pisang. Harga Gudeg Yu Narnig cukup terjangkau, tergantung pada lauk yang dipilih, seperti tahu, telur, parut, sayap, ati ampela, kepala, kaki ayam, dada ayam, hingga 1 ayam utuh.

Alamat: Jalan Margo Utomo, Jl. Kb. Dalem, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *