Pesona Sejarah yang Menarik dan Indah dari Pantai Ngobaran

Posted on

Pantai Ngobaran adalah salah satu dari sedikit pantai di Kabupaten Gunung yang memiliki pesona alam yang cukup mempesona dengan pasir putih, dikombinasikan dengan bebatuan yang berjajar serta rumput laut atau alga yang tumbuh di daerah pantai.

Selain menyimpan pesona alam yang masih asli, pantai yang terletak di Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas pantai ini, yaitu keberadaan candi di ujung terumbu, mirip seperti pura di Bali, di pura ada banyak arca dewa, selain itu pengunjung juga bisa melihat langsung keindahan laut lepas yang begitu mempesona dari candi ini.

sumber: panduanwisata.id

Pantai Ngobaran memiliki nama yang berasal dari raja terakhir kerajaan Majapahit yaitu Prabu Brawijaya. Pantai ini masih berdekatan dari Pantai Baron, terletak di kecamatan Saptosari, jika dari kota Jogja, jaraknya sekitar 65 km. Pantai Ngobaran memiliki sejarah yang unik, pada zaman dahulu saat masih terdapat kerajaan Demak, Prabu Brawijaya V beserta dengan pengikutnya melakukan pelarian hingga ke pantai ini dan akhirnya Prabu Brawijaya V membakar dirinya di pantai ini.

Dari cerita tersebut, nama pantai ini menjadi Ngobaran yang jika diterjemahkan dari bahasa jawa artinya adalah kobaran api atau api yang berkobar. Daya tarik dari pantai Ngobaran terletak pada kulinernya yang hanya dapat dijumpai di pantai ini, yaitu kuliner berbahan dasar landak laut. Masakan yang bernama landak laut ini rasanya mirip daging ayam.

sumber: pantainesia.com
sumber: jogjamotor.net

Menuju ke Wisata Pantai Ngobaran

Lokasi pantai ini berada di 65 kilometer dari kota Yogyakarta. Perjalanan menuju pantai ini cukup baik tetapi pengunjung diharapkan berhati-hati karena jalan menuju pantai ini cukup berkelok-kelok juga naik turun. Jika Anda berada di jalan Jogja-Wonosari Gading silakan ambil persimpangan di jalan selatan menuju Playen, cukup ikuti jalan turun ke pertigaan dan kemudian ambil pasar Paliyan kiri tidak jauh dari sana, belok kanan dan ikuti saja jalan dan rambu-rambu ke pantai Ngobaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *