sumber: pegipegi.com

Pesona Pantai Krakal di Gunungkidul yang Indah dan Unik

Posted on

Krakal adalah salah satu objek wisata pantai di Gunungkidul yang menawarkan pesona keindahan alamnya dengan pasir putih bersih bercampur dengan terumbu karang di sekitar pantai. Kawasan Wisata Krakal membentang di ujung serangkaian pantai di sebelah tenggara Gunungkidul, termasuk Pantai Baron dan Kukup. Krakal terletak di wilayah desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari sekitar 65 km dari kota Yogyakarta, yang dapat dicapai dalam waktu kurang dari 3 jam.

sumber: traveloka.com
sumber: traveloka.com

Nuansa Pantai Krakal

Pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang cukup mempesona yaitu bukit kapur diselingi dengan teras-teras batu Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman kuno daerah Krakal merupakan dasar lautan oleh proses pengangkatan, dasar laut semakin meningkat dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batuan karang yang muncul saat itu, bekas rumah hewan karang yang hidup di lautan saat itu.

Panjang Krakal adalah pantai terpanjang di Gunungkidul. Sisi barat dan timur dibatasi oleh karang. Selain menikmati Pesona Alam Krakal, pengunjung juga dapat bermain-main dengan ombak di Krakal.

Ada satu hal yang unik di kawasan Krakal Jogja, yaitu munculnya berbagai ikan hias, khususnya Waku. Ketika situasi sedang surut, muncullah ikan hias seperti kupu-kupu, Bustum dan Pogat yang memiliki ukuran besar dan ikan hias kecil Tiger. Munculnya ikan hias ini biasanya bersamaan dengan munculnya lumut selama musim kemarau. Ikan-ikan ini juga lebih cenderung muncul pada awal bulan dibandingkan akhir bulan.

sumber: bonvoyagejogja.com
sumber: pegipegi.com

Perjalanan ke Pantai Krakal

Dengan pesona alam yang cukup menarik ini, membuat beberapa biro perjalanan di Jawa Tengah dan Yogyakarta juga sudah mulai mempromosikan pantai yang indah ini dan pengelola pesisir selalu berusaha meningkatkan wisata Pantai Krakal. Rencananya di objek dekat Kawasan Wisata Krakal akan dibangun resort sebagai fasilitas pendukung.

Jika Anda ingin mengunjungi Krakal Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Akses menuju pantai juga sudah cukup bagus, karena di sepanjang jalan pantai sudah diaspal. Adapun fasilitas di Krakal juga cukup banyak tersedia warung dan penginapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *