sumber: gudeg.net

Mencicipi Nikmatnya Kopi Joss Tugu

Posted on

Angkringan merupakan kuliner yang cukup khas dan populer di Jogja, sehingga belum afdol rasanya saat membahas kuliner Jogja tidak menyertakan angkringan. Di antara banyaknya angkringan yang bertebaran di seluruh Jogja, ada angkringan Lik Man yang sangat terkenal dan memiliki menu andalan yaitu Kopi Joss.

Angkringan Lik Man juga bisa disebut Angkringan Tugu karena lokasinya berada di sebelah utara Stasiun Tugu Jogja.

Kopi Joss tidaklah terlalu berbeda dengan kopi pada umumnya, hanya saja resep unik yang telah diwariskan dari puluhan tahun yang lalu sukses membuat kopi ini dicintai masyarakat Jogja. Yaitu, Lik Man memasukkan arang yang masih membara ke dalam gelas kopi. Saat diseruput, perpaduan rasa kopi dan aroma terbakar akan memberikan kenikmatan kopi tersendiri yang unik dan tidak bisa ditemui di manapun.

Aroma terbakar akan menguatkan rasa kopi sehinga membuat rasanya lebih nendang, namun tidak akan terlalu berpengaruh pada rasa asli kopi. Kopi Joss ni cocok dinikmati kapan saja, namun yang paling pass tentunya saat malam hari. Siapa saja yang mencoba sensasi Kopi Joss ini pasti ketagihan.

Sejarah Kopi Joss Lik Man

sumber: detik.net

Kopi Joss yang paling populer adalah¬†Kopi Joss racikan Lik Man yang berlokasi di bagian utara Stasiun Tugu Jogja. Angkringan ini populer karena memang sudah memiliki sejarah yang panjang dan menjadi legenda kota Jogja, yaitu sejak tahun 1950-an yang dulunya bernama “Ting-Ting Hik” dan didirikan oleh Mbah Pario yang merupakan pedagang angkringan pertama di kota Jogja. Pada waktu itu, Kopi Joss sudah menjadi menu andalan di angkringnya.

Lalu pada tahun 1969, usaha ini diwariskan kepada Lik Man, dan sejak saat itu angkringan ini lebih akrab dipanggil “Angkrinagn Lik Man.” Seiring berjalannya waktu, mulai bermunculan angkringan lain di Jogja. Walaupun banyak angkringan lain yang menjajakan Kopi Joss, kopi racikan Lik Man tetaplah yang paling mantap dan memiliki banyak penggemar setianya hingga sekarang.

Keunikan Kopi Joss

sumber: travelingyuk.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yang paling membedakan kopi ini dengan kopi lainnya adalah campuran arang panas yang dicelupkan ke dalam kopi. Walau kebanyakan orang akan merasa ragu untuk mencicipi Kopi Joss, nyatanya banyak sekali orang yang mencari-cari Kopi Khas Jogja ini. Bukan hanya itu, bubuk kopi dan arang yang digunakan bukanlah sebarangan, semuanya didapat dari supplier terpercaya yang selalu memastikan kualitas bubuk kopi dan arangnya.

Selain menyediakan Kopi Joss, di angkringan Lik Man juga menyediakan berbagai makanan lain seperti sate, gorengan, nasi kucing, dan sebagainya.

Harga Kopi Joss

Harga Kopi Joss dihargai antara Rp 2000 – Rp 4000 saja, cukup murah memang jika dibandingkan kopi di kafe-kafe namun sensainya tidak tertandingi. Dengan harga tersebut anda sudah bisa memiliki segelas Kopi Joss dan duduk-duduk / lesehan sambil menikmati suasanan malam dan berbincang dengan teman atau keluarga.

Kehangatan Kopi Joss akan bertahan lebih lama dibandingkan kopi lainnya, sehingga anda bisa berlama-lama di tempat ini, walaupun hanya seperti warung biasa namun atmosfir yang diberikan benar-benar otentik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *