vemale.com

Makanan-Makanan Khas Yogyakarta yang Paling Populer

Posted on

Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap tanpa mencoba makanan-makanan khasnya. Makanan khas Yogyakrta memiliki berbagai varian, bisa untuk makan malam, siang, pagi ataupun untuk camilan. Makanan-makanan di bawah ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan mudah sekali di temui di pinggr jalanan kota Yogyakarta.

Berikut ini adalah Makanan-Makanan Khas Yogyakarta yang Paling Populer.

Gudeg

Tribun Travel

Gudeg adalah ‘ikon’ warisan kuliner Yogyakarta. Hidangan ini terbuat dari nangka mentah, dimasak dalam santan kental selama beberapa jam sampai santan terserap ke nangka dan warnanya berubah menjadi merah atau kecoklatan. Rasanya gurih dan sedikit manis. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, telur bebek dan opor ayam (kari ayam). Saat ini Gudeg tersedia dalam kemasan kaleng dan sering dibeli untuk oleh-oleh dari Yogyakarta.

Bakpia

IDN Times

Camilan ini adalah oleh-oleh yang paling dicari dari Yogyakarta. Makanan manis ini terbuat dari campuran kacang hijau, dan dibungkus dengan kerak tepung tipis. Sekarang Bakpia hadir dalam berbagai rasa dari keju, susu, coklat, nanas, dan banyak lagi.

Geplak

vemale.com

Geplak adalah makanan ringan khas Yogyakarta, terbuat dari daging kelapa parut yang dicampur dengan gula. Geplak terlihat sangat menggoda dengan berbagai warna dan lapisan gula. Sama seperti Bakpia, sekarang Anda dapat menemukan varian lain dari Geplak, seperti cokelat, durian, stroberi, dan Geplak rasa jeruk.

Yangko

twitter.com

Ini adalah ‘kue mochi’ dari Yogyakarta. Camilan berwarna-warni ini berasal dari tepung beras, jadi tidak heran jika teksturnya sangat kenyal dan sedikit lengket. Biasanya masing-masing Yangko dibungkus dengan kertas minyak berwarna-warni. Rasanya sangat mirip dengan kue mochi dari Jepang, dan sekarang Yangko tersedia dalam banyak rasa seperti Geplak dan Bakpia.

Tiwul

bisniswisata.co.id

Tiwul berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Tiwul terbuat dari singkong yang dihancurkan, dan orang-orang Gunung Kidul mengkonsumsi ini sebagai makanan pengganti selain nasi. Tiwul dimasak dengan gula aren dan disajikan panas dengan kelapa parut.

Jadah Tempe

Tribunnews.com

Jadah Tempe terdiri dari dua jenis makanan: Jadah (kue beras ketan tanah) dan tempe bacem (tempe yang dimasak dalam air kelapa dan gula aren). Jadi, pada dasarnya kue beras dengan tempe sebagai bumbu. Biasanya Jadah Tempe dikonsumsi bersama rawit mentah (cabai rawit) sebagai camilan di malam hari.

Kipo

Tribun Style

Kipo adalah salah satu makanan ringan khusus dari Kotagede, Yogyakarta. Dikatakan bahwa camilan itu dinamai setelah kata-kata Jawa iki opo ‘apa ini’. Sayuran ini terbuat dari tepung beras ketan, dan diisi dengan kelapa parut manis.

Sate Klatak

Njogja

Sate Klatak terkenal di daerah Wonokromo, sate initerbuat dari daging domba dengan sedikit garam lalu dibakar. Sate Klatak disajikan dengan nasi, potongan bawang, kubis, plus kecap dengan bumbu rahasia di dalamnya. Yang istimewa dan unik dari sate klatak adalah bahan yang digunakan untuk mengolah makanan sangat alami dan sederhana, tetapi rasanya jadi luar biasa.

Jauh lebih mudah untuk memiliki pemandu (seperti saya) untuk membawa Anda berkeliling karena beberapa restoran sangat sulit ditemukan. Jika Anda menginginkan pengalaman yang higienis dengan kuliner Indonesia otentik terbaik, pergilah ke Yogyakarta Night Food Discovery! Saya yakin Anda akan bersenang-senang!

Cethil

Dictio Community

Makanan ringan dari Yogyakarta kebanyakan kenyal dan lengket. Cethil adalah camilan lain yang berwarna-warni dan kenyal dari Yogyakarta, terbuat dari tepung sagu. Kemudian dilapisi dengan daging kelapa parut. Camilan ini biasanya dijual di pasar tradisional di sekitar Yogyakarta.

Mangut Lele

Tribun Travel

Mangut Lele adalah hidangan khas Mataraman (Yogyakarta – Solo, Jawa Barat). Bahan utama dari hidangan ini adalah lele. Ikan lele ditusuk dengan pelepah daun kelapa, dan dipanggang di atas kayu bakar. Setelah lele matang, kemudian dimasak dengan saus santan pedas. Mangut Lele adalah hidangan yang wajib dicoba jika Anda menyukai hidangan saus santan pedas.

Itulah makanan-makanan yang paling populer di Yogyakarta, anda dapat mencoba makanan-makanan di atas untuk oleh-oleh ataupun mengisi perut. Jadi, saat mengunjungi Yogyakarta, pastikan anda mencoba makanan-makanan khas Yogyakarta di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *