6 Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Anda Coba

Posted on

Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke suatu daerah tidak mencoba makanan atau masakan khasnya. Kita harus banga sebagai orang Indonesia karena memiliki beragam kuliner khas yang berasal dari seluruh Indonesia. Salah satunya adalah kuliner di Jawa Timur, makanan khas Jawa Timur memiliki ciri khasnya sendiri dengan rasa pedas dan kuah yang nikmat.

Jika anda berwisata ke kota-kota di Jawa Timur, pastikan untuk mencicipi makanan-makanan khasnya berikut.

1. Rawon

Semangkung Rawon, makanan khas Jawa Timur

Makanan khas Jawa Timur yang sudah terkenal salah satunya adalah Rawon. Rawon adalah semacam sup daging dengan bumbu dan kuah kentalnya yang berwarna hitam atau cokelat. Bumbu yang berwarna gelap adalah bumbu khusus yang diberi nama Kluwek. Rawon dapat dinikmati bersama kerupuk, nasi putih, dan sambal. Makanan ini dapat anda temui di kota-kota di Jawa Timur dengan mudah.

2. Lontong Balap

Sepiring Lontong Balap, makanan khas Jawa Timur

Makanan khas Jawa Timur lainnya adalah Lontong Balap. Ada sejarah unik kenapa makanan ini dinamai “Lontong Balap”, yaitu dulunya makanan ini dijual dengan dipikul menggunakan gentong tanah liat, hal ini membuat para penjual berjalan cepat-cepat karena cukup berat, sehingga membuatnya seperti sedang balapan.

Namun, saat ini Lontong Balap dijual di warung-warung dan namanya masih tetap. Seperti namanya, makanan ini adalah lontong yang dikombinasikan dengan tauge, tahu, sate kerang, sambal, kecap dan kuah khusus. Memang mirip sekali dengan kupat tahu namun bumbunya memiliki rasa tersendiri yang pastinya mantap.

3. Soto Dok

Semangkok Soto Dok khas Jombang

Soto Dok merupakan soto yang terkenal di daerah Jombang namun kini anda bisa menemuinya di daerah-daerah di Jawa Timur. Hampir mirip dengan Soto Lamongan yaitu menggunakan daging ayam sebagai lauknya. Salah satu ciri khas soto ini terdapat pada bumbunya yang menggunakan bawang merah, merica, ketumbar, jinten, paladin, jahe, kunyit, serai, daun jeruk parut, daun salam, bawang prei, dan sledri.

4. Nasi Krawu

Nasi Krawu makanan khas Gresik

Nasi Krawu adalah makanan khas daerah Gresik yang sudah sangat terkenal di seluruh pulau Jawa. Nasi krawu terdiri dari daging sapi atau jeroan sapi sebagai lauk dan ditemani nasi putih hangat. Serundeng dan sambal terasi digunakan sebagai pelengkap. Walau terlihat sederhana, namun makanan ini banyak disukai oleh pencinta kuliner, terutama saat disajikan secara tradisional dengan daun pisang, akan menambah kenikmatan makanan yang satu ini.

5. Rujak Soto

Semangkuk Rujak Soto khas Banyuwangi

Rujak Soto adalah makanan khas Jawa Timur, tepatnya di daerah Banyuwangi. Seperti namanya, makanan ini adalah kombinasi antara rujak dan soto, sehingga banyak sekali bahan-bahan yang terkandung dalam makanan ini seperti lontong, tahu, bumbu rujak, tahu, tempe, daging, dan lain-lain. Untuk bumbu rujaknya sendiri terbuat dari cabai rawit, pisang muda, petis, gula merah, dan garam. Pedasnya bumbu rujak dan gurihnya kuah soto akan memberikan rasa yang unik dan lezat yang membuat siapa saja penasaran untuk mencicipinya.

6. Ayam Lodho

Ayam Lodho khas Tulungagung yang terlihat menggoda

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya yaitu Ayam Lodho, yang berasal dari daerah Tulungagung. Ayam Lodho adalah sajian berbahan dasar ayam yang diberi kuah bumbu dan santan khusus. Secara tampilan terlihat seperti kari ayam. Yang membedakan adalah proses pematangan ayamnya yang dengan cara dibakar terlebih dahulu sebelum dibumbui bumbu kari lalu dimasak. Ayam Lodho biasa dinikmati dengan nasih gurih dan urap sayur. Rasa pedasnya akan memberikan ciri khas tersendiri bersama bumbu yang meresap ke dalam ayamnya. Bagi anda pecinta olahan daging atau pedas wajib mencoba makanan khas Tulungagung ini.

Itulah 6 makanan khas Jawa Timur yang wajib anda coba. Semoga dapat membantu anda yang ingin mencicipi atau ingin membuat makanan khas Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *