6 Tips Liburan di Rumah bersama Keluarga

Posted on

Semua orang pasti menyukai dan menanti saat liburan. Karena pada saat ini seluruh anggota keluarga terbebas dari aktifitas ruitn yang membosankan. Biasanya liburan diisi dengan traveling ke tempat-tempat wisata.

Namaun, ada juga keluarga yang memilih liburan di rumah karena suatu alasan. Walau terdengar membosankan, namun jika direncanakan dengan sungguh-sungguh tetap bisa menyenangkan.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga di rumah. Beberapa tips kegiatan berikut bisa menjadi inspirasi untuk anda yang memilih liburan di rumah saja.

1. Kemping di Halaman Rumah

liburan di rumah dengan kemping

Kegiatan seru yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan di rumah adalah kemping di rumah. Walaupun kemping hanya dilakukan di rumah, tapi jika disusun dengan baik bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Untuk membuat kamping di rumah anda terasa lebih seru, anda bisa menyusunnya seperti saat kemping sungguhan.

Anda bisa mulai dengan memasang tenda di halaman atau kebun rumah, mempersiapkan peralatan catering, hingga menyiapkan api unggun. Untuk membuat suasana lebih seru, siapkan makan malam ala berbeque party lalu undang tetangga atau saudara anda.

2. Olahraga Bersama

Salah satu cara menikmati liburan di rumah adalah dengan berolahraga bersama. Berolahraga tidak hanya bisa mengisi waktu luang saat liburan tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh seluruh anggota keluarga.

Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga bersama keluarga. Seperti bersepeda di kompleks rumah, berjalan-jalan di pagi atau sore hari, senam di rumah, bermain badminton, dan sebagainya.

3. Menata Rumah

Menata rumah bukanlah kegiatan yang mudah untuk dilakukan sendiri, oleh karena itu, anda bisa mengajak anggota keluarga untuk menata rumah. Mungkin anda bosan dengan suasana rumah dan ingin membuat sedikit perubahan, atau mungkin anda ingin menata rumah agar ruangnya lebih efisien.

Anda bisa mencobanya dengan memindah atau mengganti posisi perabot-perabot. Untuk membuat suasana terlihat lebih baru dan tidak membosankan, anda bisa mengganti warna cat rumah atau kamar. Selain itu, anda juga bisa mengganti perabot lama dengan perabot baru seperti mengganti tirai, sofa, meja, dan sebagainya.

4. Membuat Kue dan Camilan

Membuat kue atau camilan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama-sama. Akan lebih menyenangkan jika anda ingin mencoba resep baru yang belum pernah dibuat sebelumnya. Anda bisa mengajak anak-anak untuk membantu membuat hal ini bersama.

Anda bisa mulai dengan menentukan kue atau camilan yang ingin anda buat, mencari resepnya di internet, dan berbelanja bahan-bahannya di supermarket terdekat sambil mengajak keluarga. Kemudian, anda bisa mulai mencoba mengolah bahan-bahan yang telah anda beli sesuai resepnya.

5. Berkebun dan Merawat Hewan

Cara untuk menikmati liburan di rumah lainnya adalah dengan berkebun atau merawat hewan jika anda memiliki kedua hal tersebut. Anda bisa mengajak anak-anak untuk belajar berkebun atau merawat heman seperti, memetik buah, menanam tumbuhan, menyiram tumbuhan, memberi makan hewan, memandikan hewan, dan lain-lain.

Dengan belajar berkebun dan merawat hewan, akan mengajari anak untuk mencintai tumbuhan, heman, dan lingkungan di sekitarnya.

6. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan lainnya untuk mengisi waktu liburan di rumah adalah dengan membuat kerajinan tangan. Kegiatan ini akan sangat mengasyikkan karena ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat, sebab saat ini tersedia banyak tutorial atau video tentang cara membuat kerajinan tangan, yang bisa anda lakukan bersama keluarga.

Untuk permulaan, tidak peru berusaha membuat kerajinan yang rumit. Anda bisa mencoba membuat kerajinan yang sederhana terlebih dahulu. Hal ini karena membuat kerajinan tangan membutuhkan keahlian sehingga anda bisa membuat hal-hal kecil terlebih dahulu. Anda juga bisa mengajari anak untuk berkreasi membuat kerajinan tangannya sendiri.

Itulah, 6 kegiatan yang bisa anda lakukan saat liburan di rumah. Semoga dapat menginspirasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *