Keindahan Pantai Ngandong yang Tersembunyi

Posted on

Indonesia tidak pernah kekurangan akan pantai, namun sebagian pantai-pantai di Indonesia selalu ramai dan penuh sesak. Sehingga bagi mereka yang kurang menyukai keramaian, harus mencari pantai yang jarang diketahui namun memiliki pesona yang tak kalah indah dari pantai-pantai populer. Jika tujuan wisata anda di Yogyakarta, anda bisa mencoba Pantai Ngandong di kabupaten Gunungkidul.

sumber: Eksotisjogja.com
sumber: Travelingyuk.com

Lokasi wisata Pantai Ngandong adalah di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Untuk sampai ke Pantai Ngandong, Anda bisa melalui rute menuju Patuk dan Sambipitu. Dari sana, Anda bisa menuju ke pertigaan timur lapangan udara TNI Gading dan segere berbelok ke arah Playen. Dari Playen teruskan saja perjalanan Anda ke Saptosari sampai pertigaan yang ada sebelum pantai Baron. Belok saja dan ikuti arah menuju timur dan terus ikuti petunjuk untuk ke Pantai Sundak. Di sebelah pantai Sundak, Anda bisa menemukan pantai Ngandong.

Pantai Ngandong cukup tenang dan sepi karena berada di luar jalur dan tidak tersedia angkutan umum seperti bus, becak, ojek, atau apa pun; Anda perlu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk sampai ke tempat ini sendiri. Setelah sampai di Pantai Ngandong anda akan disugguhi oleh keindahan alam yang dami dan sejuk, ombak yang lembut, pasir yang bersih, dan pemandangan alam sekitar yang masih asli.

sumber: tempatwisataindonesia.id
sumber: pantainesia.com

Penduduk lokal tinggal di sisi paling timur Pantai Ngandong. Mereka menjual berbagai makanan/minuman serta menyediakan berbagai jasa. Sehingga Pantai Ngandong ini tidak terlalu terpencil namun cukup sepi dan jarang yang mengetahuinya.

Beberapa pedagang akan menyediakan kebutuhan makanan anda mulai dari Indomie hingga makanan laut segar. Di sini juga terdapat penginapan kecil yang akan disewakan penduduk lokal untuk siapa saja yang memutuskan untuk menginap.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini antara lain adalah Tempat Pelelangan Ikan, mini offroad, kamar mandi, warung makan, area parkir yang cukup luas dan ada rumah singgah yang dinamakan Crab Resort.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *