9 Tempat Wisata di Bengkulu Murah & Hemat

Posted on

Kota Bengkul adalah ibu kota Provinsi Bengkulu, Indonesia. Kota ini adalah koat yang paling besar kedua di pantai barat Pulau Sumatra.

Kota Bengkulu memiliki luas wilayah sebesar 144,52 km². Tentu saja dengan kondisi geografis seperti ini Kota Bengkulu pastinya menyimpan banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terutama yang murah dan hemat di kantong.

Jika anda memutuskan untuk berwisata di Bengkulu, anda tidak perlu takut kehabisan uang karena di Bengkulu banya menyediakan tempat wisata murah (bahkan gratis) namun memberikan pengalaman yang seru dan mengesankan.

Berikut ini adalah 9 Tempat Wisata di Bengkulu Murah & Hemat.

1. Pantai Panjang

Tempat wisata di Bengkulu yang pertama yaitu Pantai Panjang. Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang, sesuai dengan namanya yaitu mencapai 7 km. Ada beragam fasilitas yang disediakan di tempat wisata Bengkulu ini, mulai dari area bermain anak-anak, penginapan, pusat berbelanja, restoran, pusat olahraga, dan lain-lain.

Tiket masuk ke pantai ini yaitu gratis. Jika anda tertarik, lokasinya berada di Jl. Pariwisata, Lempuing, Ratu Agung, Kota Bengkulu.

2. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan benteng warisan kolonial Inggris yang berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk Kota Bengkulu sebagai suatu daerah perdagangan serta monopoli lada. Benteng ini letaknya ada di Pantai Barat Sumatera tak jauh dari Pantai Tapak Paderi.

Tiket masuk ke benteng ini sekitar Rp 5.000. Benteng Marlborough beralamat di Jl. Benteng, Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu

3. Rumah Pengasingan Bung Karno

Bagi anda yang tertarik dengan sejarah presiden pertama kita, anda bisa berkunjung ke tempat wisata di Bengkulu yang satu ini. Rumah yang pada mulanya merupakan milik pengusaha Tionghoa (Tan Eng Cian) yang bekerja untuk Belanda sebagai penyalur sembako bagi Pemerintah Belanda, lalu disewa oleh Belanda sebagai tempat Bung Karno selama diasingkan. Nah, Di tempat ini Bung Karno tinggal dari tahun 1938 sampai dengan 1942.

Tiket masuk ke Rumah Pengasingan Bung Karno berkisar Rp. 3.000. Alamatnya berada di Anggut Atas, Ratu Samban, Kota Bengkulu.

4. Taman Pantai Berkas

Taman yang satu ini cukup disukai dan populer di kalangan anak muda. Tak heran jika tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan pada saat akhir pekan taman ini menjadi tempat wisata liburan keluarga. Di sini pengunjung bisa menemui skatepark (taman bermain khusus penikmat papan seluncur yang disebut skateboard), walk bridge (jembatan), dan ada banyak pedagang yang berjualan berbagai macam kuliner.

Siapa saja bisa berkunjung ke Taman Pantai Berkas ini secara gratis. Lokasinya berada di Ps. Berkas, Tlk. Segara, Kota Bengkulu.

5. Rumah Fatmawati

Tempat wisata di Bengkulu yang berupa Rumah Tradisional Panggung ini menjadi salah satu objek wisata bersejarah di Bengkulu. Rumah ini dibangun pada tahun 1920, dan terletak di Jalan Fatmawati, Penurunan, Ratu Samban, Kota Bengkulu. Letaknya yang strategis bisa dicapai menggunakan motor, mobil atau pun angkutan umum.

Rumah Fatmawati adalah rumah musem dari istri Presiden Soekarno, di sini anda bisa melihat-lihat koleksi benda-benda kuno sepeninggalan Ibu Fatmawati, seperti perabot rumah, pakaian, koleksi foto, dan lain-lain.

Lokasinya tidak jauh dari Rumah Pengasingan Presiden Sukarno di Bengkulu, yaitu di Jl. Fatmawati, Penurunan, Ratu Samban, Kota Bengkulu. Biaya masuknya sekitar Rp 2.000 – 3.000.

6. Pantai Tapak Paderi

Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan selalu ramai oleh wisatawan. Pantai Tapak Paderi dulunya adalah pelabuhan laut pertama di Bengkulu yang berfungsi sebagai jalur transportasi laut Inggris yang lokasinya berdekatan dengan Benteng Marlborough.

Lokasinya berada di Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu. Untuk bisa masuk ke kawasan pantai Pantai Tapak Paderi, cukup dengan Rp 2.000 – 3.000.

7. Danau Dendam Tak Sudah

Salah satu tempat wisata di Bengkulu lainnya yaitu Danau Dendam Tak Sudah. Hal menyenangkan yang dapat dilakukan ketika berwisata ke Danau Dendam Tak Sudah adalah naik rakit berkeliling danau serta memancing. Danau ini mempunyai flora dan fauna yang begitu kaya, ditambah dengan banyak bukit hijau yang mengelilinginya membuat danau berhawa sejuk segar.

Anda bisa datang ke Danau Dendam Tak Sudah kapan pun anda mau, lokasinya berada di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.

8. Pantai Jakat

Pantai Jakat Bengkulu, terletak sekitar 1 kilometer dari pusat Kota Bengkulu. Berdekatan dengan Benteng Marlborough dan Pantai Tapak Paderi. Keindahan Pantai Jakat menjadi surga bagi para traveler dan backpacker. Pasalnya, keindahan pantai ini masih terjaga. Pantai Jakat juga relatif aman untuk menjadi tempat mandi dan berenang. Terlebih lagi disediakan fasilitas sewa pelampung, banana boat dan lain sebagainya.

Pantai Jakat berjarak lebih kurang 1 km, tepatnya di Kel. Bajak, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu. Siapa saja bisa datang ke pantai ini secara gratis.

9. Museum Negeri Bengkulu

Dan tempat wisata di Bengkulu yang murah dan hemat terakhir adalah Museum Negeri Bengkulu. Di tempat inilah beragam koleksi berupa benda cagar budaya disimpan demi keamanan. Awalnya Musem Negeri Bengkulu berada di dalam Benteng Marlborough. Akan tetapi beberapa tahun setelah itu, lokasi benteng dipindah ke gedung baru hingga saat ini. Pemindahan lokasi dilakukan pada tanggal 3 Januari 1983.

Lokasinya berada di Jl. Pembangunan No. 08, Gading Cempaka, Jemb. Kecil, Singaran Pati, Kota Bengkulu. Sedangkan tiket masuknya Rp 2.000 – 3.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *