8 Tips Menghemat Pengeluaran saat Traveling

Posted on

Terdapat berbagai cara untuk menghemat pengeluaran saat traveling, seperti memilih tempat wisata yang murah, menyesuaikan ongkos perjalanan serta akomodasi, dan lain-lain. Jika anda hendak traveling namun budget terbatas, tips-tips berikut ini akan membantu anda untuk dapat traveling lancar walau budget terbatas.

1. Hindari traveling saat musim liburan

Tips ini merupakan yang paling mudah, pada hari-hari biasa tidak akan banyak orang yang berlibur. Bukan hanya pada musim liburan saat tetapi juga di hari-hari libur seperti tanggal merah atau long weekend, karena biasanya pemilik tempat wisata akan meningkatkan tarifnya pada saat-saat ini. Bahkan harga makanan serta barang-barang disekitar juga bisa meningkat harganya. Jadi, hindari traveling pada saa liburan atau musim liburan untuk menghemat biaya.

2. Rencanakan anggaran

Hal ini cukup penting namun sering diabaikan sebagian orang. Karena terlalu fokus ingin segera cepat-cepat traveling sehingga mereka malas untuk merencanakan hal ini. Jika tidak direncanakan, pengeluaran anda pasti tidak akan terkontrol, okelah jika anda memiliki banyak uang, namun jika budget anda minim sebaiknya anda merencanakan anggaran dengan sungguh-sungguh. Aturlah uang yang akan anda keluarkan untuk traveling.

3. Mengajak teman

Cara lain untuk mensiasati pengeluaran saat akan traveling adalah dengan mengajak teman untuk traveling bersama. Semakin banyak teman yang anda ajak, semakin hemat biaya yang anda keluarkan. Selain itu, jika anda traveling secara rombongan, biasanya akan ada paket khusus yang lebih murah untuk tempat wisata, akomodasi, serta perjalanan. Namun bagaimana jika anda hanya ingin traveling sendiri atau dengan orang-orang terdekat? Anda dapat menyimak tips-tips kami lainnya.

4. Lakukan perjalanan saat malam hari

Menyewa penginapan tentu bisa menguras kantong, namun anda dapat mensiasatinya dengan melakukan pemberangkatan saat malam hari, sehingga anda tidak perlu menyewa akomodasi karena anda sama saja dengan menginap di kendaraan. Caranya ini cuku efektif untuk anda yang berencana traveling seharian. Kelemahan cara ini adalah menginap di kendaraan tidak senyaman menginap di penginapan. Namun mungkin cocok bagi anda yang sudah terbiasa tidur di Kendaraan.

5. Memilih penginapaan yang murah

Hotel merupakan tempat yang paling nyaman untuk menginap saat traveling namun menginap di hotel membutuhkan biaya yang banyak, terutama hotel berbintang. Hal ini tergantung dari pengeluaran anda, jika anda ingin benar-benar menghemat maka anda bisa memilih opsi lain seperti di penginapan biasa, hostsel, atau homestay. Hal ini jauh lebih murah dibandingkan hotel.

6. Memilih transportasi yang murah

Ada berbagai pilihan transportasi seperti pesawat, bus, kereta, bahkan kapal jika tujuan traveling anda adalah ke pulau lain. Pilihan yang paling murah adalah bus dan kereta api, anda juga dapat menggunkan kendaraan pribadi namun jika tujuan traveling anda jauh sebaiknya jangan.

Untuk mendapat tarif atau tiket transportasi yang lebih murah pesanlah jauh-jauh hari, dan jangan memsan saat sedang musim liburan, lebaran, atau akhir tahun karena pasti harganya akan naik.

7. Bijak membeli oleh-oleh

Jika anda ingin membeli oleh-oleh, pastikan beli hanya sesuai kebutuhan. Hitunglah berapa orang yang akan anda belikan oleh-oleh dan belilah secukupnya berdasarkan dana yang telah anda atur.

Salah satu tips untuk menghemat biaya oleh-oleh adalah jangan membeli oleh-oleh di tempat wisata, karena pasti harganya mahal. Tempat yang paling tepat adalah di pasar, karena di pasar banyak orang yang menjual barang-barang serupa sehingga mau tidak mau mereka harus dapat memberikan harga yang bersaing dengan penjual lainnya, selain itu membeli dipasar juga dapat dinego.

Itulah tips traveling hemat untuk anda yang minim budget, semoga tips-tips di atas bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *