8 Tips Liburan ke Jogja Hemat Bagi Pemula

Posted on

Semua orang pasti tetarik liburan ke Jogja. Kota yang dikenal sebagai Kota Gudeg ini merupakan salah satu tujuan liburan yang paling populer di Indonesia. Hal ini karena Jogja menawarkan wisata budaya, alam, dan kuliner yang lengkap.

Namun bagi anda yang ingin berwisata ke Jogja, sebaiknya perlu direncanakan dengan cermat. Karena jika tergesa-gesa, bisa membuat bujet anda membengkak dan kurang bisa menikmati pengalaman liburan dengan puas.

liburan ke jogja, candi prambanan

Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke Jogja, kami akan memberikan beberapa Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula berikut:

1. Tentukan Tanggal Liburan

Dengan menentukan tanggal liburan dengan pasti, akan mempermudah dalam merencankan berbagai kebutuhan dan hal-hal yang harus dipersiapkan. Salah satu contohnya adalah ketika anda memesan tiket berangkat ke Jogja dan tiket pulang, terutama jika anda berencana pergi menggunakan pesawat atau kereta. Hal ini karena tiket yang dipesan lebih cepat harganya pasti lebih murah jika dibanding memesan tiket mendekati tanggal liburan. Selain itu, memesan tiket lebih awal dapat mengurangi peluang kehabisan tiket, apalagi jika berangkat saat musim liburan yang pastinya sangat ramai.

2. Kunjungi Tempat Wisata Murah atau Gratis

Bagi yang datang dari luar kota pasti banyak sekali kebutuhan yang harus dibiayai, hal ini membuat banyak orang mencari cara untuk lebih berhemat. Salah satunya yaitu dengan mengunjungi tempat wisata yang murah atau gratis. Untunglah destinasi wisata anda di Jogja, karena di daerah ini memiliki berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan dompet tipis atau bahkan tanpa uang sepeser pun, contohnya wisata alam/pantai, Keraton, Taman Sari, Tugu, Malioboro, Alun-Alun Selatan, dan lain-lain.

3. Kelompokkan Tempat Wisata

Cara liburan lebih efisien dan menghemat uang adalah dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang berdekataan satu sama lain atau memiliki jalur yang searah dengan jalan pulang. Contohnya yaitu, jika anda mengunjungi salah satu pantai di Gunungkidul maka anda bisa sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata yang searah atau mengunjungi lebih dari satu pantai karena di Gunungkidul adalah pusat pantai di Jogja. Dengan begitu, liburan akan lebih efisien.

4. Tentukan Transportasi

Setelah menentukan tujuan wisata anda di Jogja, hal yang harus anda tentukan selanjutnya adalah transportasi. Untuk berkunjung ke Jogja, ada banyak rute dan transportasi yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih transportasi berdasarkan dengan jarak lokasi, dana, hingga waktu liburan anda. Pilihan terbaik tentu pesawat karena cepat dan nyaman, namun naik kereta atau bus juga bukan pilihan yang buruk.

5. Manfaatkan Promo

Keuntungan lain dengan merencankan liburan juah-jauh hari yaitu, dapat lebih cermat dalam menemukan promo-promo terbaru. Karena promo tidak selalu tersedia saat anda membutuhkannya.

Memanfaatkan promo merupakan salah satu cara untuk berhmeat saat liburan ke Jogja. Ada berbagai macam promo yang bisa anda manfaatkan, mulai dari promo tiket transportasi, promo akomodasi, dan promo paket liburan.

Walaupun begitu jangan terlalu bergantung dengan promo karena belum pasti. Sebaiknya anda rencanakan pengeluaran tanpa promo, dan jadikanlah promo sebagai bonus.

6. Tentukan Penginapan

Jogja memiliki banyak pilihan penginapan karena memiliki banyak tujuan wisata, bukan hanya di pusat Jogja, tetapi juga di seluruh provinsi DIY. Selain itu, penginapan-penginapannya juga relatif murah. Anda bisa mencoba menginap di hotel kapsul, guest house, homestay, atau budget hotel agar lebih menghemat.

Untuk memudahkan mencari penginapan sesuai dengan kriteria, anda bisa mencoba fitur Agoda yang kami sediakan di website ini.

7. Memilih Makan

Untuk urusan makanan anda tidak perlu khawatir di Jogja karena di kota ini terkenal akan makanan-makanan tradisionalnya yang lezat seperti Gudeg, Sate Klathak, Bakmi Jawa, Mangut Lele, dan lain-lain. Selain itu terdapat juga oleh-oleh tradisional yang tak kalah enaknya seperti Bakpia, Geplak, Yangko, Kipo, dan lain-lain. Beberapa makanan khas Jogja.

Makanan-makanan khas Jogja bisa ditemui di setiap tempat wisata, biasanya terdapat warung, rumah makan, atau angkringan yang menyajikan makanan-makanan khas dengan harga terjangkau.

8. Menawar Saat Berbelanja

Salah satu tips liburan ke Jogja hemat yang wajib anda ketahui lainnya yaitu, jangan lupa menawar saat berbelanja karena menawar adalah salah satu budaya masyarakat Jogja.

Pusat perbelanjaan di Jogja yang paling lengkap dan masih bisa ditawar salah satunya adalah Mlioboro atau Pasar Beringharjo. Banyak barang yang bisa anda tawar seperti baju, sendal, aksesoris, dan sebagainya. Biasanya harga barang di pusat kota Jogja cenderung lebih mahal, jadi anda bisa mencoba berbelanja di daerah lain yang dekat dengan tempat wisata tujuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *