yogyatrip.com

8 Tempat Wisata di Jogja yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Posted on

Liburan bersama keluarga merupakan sesuatu yang harus dilakukan secara berkala bagi mereka yang mampu, setidaknya beberapa bulan sekali. Hal ini akan berguna untuk menjaga keharmonisan keluarga, dan menunjukkan kepada anak tempat-tempat wisata yang menarik. Liburan bersama keluarga juga menjadi pilihan yang tepat untuk melarikan diri sesat dari kesibukan sehari-hari yang monoton.

Bagi anda yang tinggal atau ingin berlibur ke Jogja, ada beberapa tempat wisata menarik dan menyenangkan yang bisa dijadikan pilihan liburan yang cocok bersama keluarga, berikut adalah tempat-tempat tersebut.

1. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang terbesar di pulau Jawa, dengan berbagai flora dan fauna yang bisa Anda pelajari tentang kehidupan dan habitatnya. Berisi berbagai spesies dari seluruh dunia, seperti orangutan, gajah, simpanse, harimau, dan lain-lain. Kebun Binatang Gembira Loka sempat rusak parah akibat gempa yang mengguncang kota Yogyakarta pada tahun 2004. Namun, setelah renovasi Kebun Binatang Gembira Loka tetap menjadi favorit di kalangan wisatawan, terutama keluarga.

2. Taman Pintar Yogjakarta

Terletak di pusat kota Jogja, Taman Pintar Yogjakarta adalah laboratorium dengan fasilitas yang bermanfaat bagi pelajar atau anak-anak yang dapat dengan bebas mengeksplorasi mata pelajaran sains secara praktikal. Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Smart Park terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi kelompok pelajar. Ada berbagai fasilitas pendukung, termasuk food court, ruang audiovisual, taman bermain, dan ruang ruang pameran.

3. Jogja Kids Fun

Tidak banyak memang tempat wisata di Yogyakarta yang menawarkan tempat bermain untuk anak-anak. Kalau pun ada, biasanya lebih ke arah wisata edukasi seperti Taman Pintar, dll. Nah, Jogja Kids Fun adalah taman bermain anak-anak yang paling besar di Yogyakarta. Kids Fun Jogja dibangun di atas lahan seluas 5 hektar dan memiliki berbagai macam wahana untuk anak-anak yang pastinya menyenangkan. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa ikut bermain di sini.

4. Taman Sari

Taman Sari juga dikenal sebagai Taman Sari Water Castle adalah situs dari bekas taman kerajaan Kesultanan Yogyakarta. Letaknya sekitar 2 km dari Kraton, Yogyakarta. Dibangun pada pertengahan abad ke-18, Taman Sari memiliki banyak fungsi, seperti area istirahat, bengkel, area meditasi, area pertahanan, dan tempat persembunyian. Taman Sari terdiri dari empat wilayah berbeda: danau buatan besar dengan pulau-pulau dan paviliun yang terletak di barat, kompleks pemandian di tengahnya, kompleks paviliun dan kolam di selatan, dan danau yang lebih kecil di timur.

5. Museum-Museum di Yogyakarta

Yogyakarta juga menyimpan banyak wisata museum yang cocok dikunjungi bersama keluarga, akan banyak hal-hal menarik yang bisa dilihat. Sebut saja Sonobudoyo I dan II, Museum Benteng Vredeburg, Museum Perjuangan, Museum Sandi Kotabaru, Museum Mainan Kolong Tangga, Museum Gunung Api dan museum eksotis, yaitu Ullen Sentalu.

6. Malioboro

Menjadi salah satu pilihan favorit bagi para wisatawan untuk jalan-jalan, nongkrong, berbelanja, atau menikmati kuliner. Di sepanjang jalan Malioboro, Anda dapat berbelanja dan membali beberapa oleh-oleh khas Jogja. Pada malam hari tempat ini juga selalu ramai akan pengunjung.

7. Candi Borobudur

Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia. Banyak wisatawan lokal maupun luar berdatangan untuk melihat mahakarya yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur memukau siapa saja yang melihatnya. Dindingnya dihiasi dengan 2672 panel relief dan 502 patung Buddha. Stupa utama dan terbesar terletak di tengah dan dikelilingi oleh 72 stupa berlubang di mana ada patung Buddha. Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan ke-9. Jadi, bangunan bersejarah ini telah ada ribuan tahun. Borobudur adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

8. Pantai Parangtritis

Parangtritis adalah pantai yang indah, ombak bergulung dan angin kencang menyejukkan. Pantai Parangtritis sangat erat kaitannya dengan legenda Ratu Kidul (Ratu Selatan). Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan magis Ratu Kidul yang mengendalikan laut selatan. Pantai paling populer di Yogyakarta menyediakan berbagai fasilitas lengkap seperti penginapan, mesjid, toilet umum, makan, tim pemantau pantai. Wisatawan juga bisa mencoba obyek wisata yang memacu adrenalin seperti panjat tebing, paralayang dan gantole di pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *