8 Makanan Khas Riau yang Harus Anda Cicipi

Posted on

Riau adalah provinsi di Indonesia yang terletak di tengah Pulau Sumatra. Jika Anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan daerahnya, mulai dari camilan, oleh-oleh, hingga masakan, semuanya tersedia di Riau. Apa sajakah itu? Simak 8 makanan khas Riau berikut.

1. Gulai Ikan Patin

(sumber: pesona.travel)

Makanan ini adalah salah satu ikon kuliner terkenal dari Riau. Di Pekanbaru Riau, ada banyak ikan lele yang masih segar. Karakteristik lele kari adalah saus kuning dan ada potongan lele besar. Rasanya sangat lezat, terutama jika bumbu meresap ke dalam daging ikan lele.

2. Ikan Selais Asap

Selain ikan lele, Riau, khususnya di daerah Pekanbaru, juga memiliki ikon kuliner terkenal untuk ikan olahan, yaitu selais. Ikan ini memiliki bentuk yang panjang dan rata dan tidak memiliki sisik. Ikan selais biasanya diproses dengan cara merokok selama kurang lebih 8 jam. Anda bisa mendapatkan rasa khas dan renyah dari ikan ini dari makanan olahan. Ikan asap biasanya disajikan dengan saus cabai merah.

3. Asam Pedas Baung

(sumber: eljohnnews.com)

Baung adalah ikan air tawar yang memiliki protein tinggi dan kadar lemak rendah. Ikan Baung hidup di sungai atau mulut besar. Makanan ini diolah dengan rempah-rempah seperti jahe, kemiri, serai, galanga, daun kunyi, cabai merah, dll.

Sambalnya merah dan daging ikannya lunak. Jika Anda ingin mencoba masakan khas Riau ini, Anda dapat mengunjungi Pondok Asam Pedas Baung, yang terletak di seberang Rumah Sakit Awal Bros.

4. Roti Canai

(sumber: kuali.com)

Roti Canai merupakan Roti khas melayu yang juga merupakan makanan khas Riau. Banyak ditemukan di Singapura, Malaysia dan Indonesia. Dibuat secara bergulung hingga tipis lalu dilipat dan dibakar dengan minyak. Roti Canai ini rasanya enak dan empuk. Roti ini sangat lezat bila dimakan dengan kari domba. Cara memakannya adalah dengan memotong roti dan mencelupkannya ke kari domba. Anda bisa bayangkan sendiri kenikmatan yang didapat dari hidangan ini.

5. Mie Tarempa

(sumber: tstatic.net)

Mie tarempa adalah mie kuning dengan kecambah tambahan dan potongan ikan laut yang digoreng dalam bumbu cabai. Anda dapat menemukan hidangan kuliner ini di Kabupaten Anambas atau Tanjung Pinang, yang sudah dikenal sebagai pusat Mie Tarempa di Riau.

6. Lempok Durian

(sumber: bukalapak.com)

Makanan khas Riau ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai Durian. Lempok adalah makanan seperti dodol yang terbuat dari durian yang memiliki rasa yang lezat. Proses pembuatan dilakukan dari generasi ke generasi dengan cara yang tradisional. Anda dapat menemukan hidangan durian ini di toko makanan di Tarempa atau Letung.

7. Sop Ikan Batam

(sumber: grid.id)

Batam, yang terletak di provinsi Riau, memiliki sup ikan yang terdiri dari ikan tenggiri, sup bening dan beberapa jus jeruk nipis dan kecap. Jika Anda menyukai rasa pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit.

8. Sop Tunjang

(sumber: ksmtour.com)

Selain sup ikan Batam, ada juga sup yang terbuat dari tulang sapi yang masih dibungkus dengan daging kental. Dengan pemrosesan yang tepat, Anda akan mendapatkan daging yng lunak dan mudah dihilangkan dari tulang.
Bagi Anda yang menyukai makanan olahan hewani, Anda harus mencoba makanan khas Riau ini. Bumbu dan rempah yang digunakan untuk membuat sup Tunjang sangat kental dan terasa.

Nah, itu dia 8 makanan khas Riau, semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang berkunjung ke Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *