Unilever Food Solutions

8 Kuliner Tradisional Khas Betawi

Posted on

Jakarta juga terdapat banyak makanan tradisional yang khas dari budaya Betawi. Kuliner-kuliner tersebut masih banyak dikonsumsi masyarakat Jakarta dan bisa dijumpai dengan mudah di pusat-pusat keramaian.

Kuliner-kuliner ini wajib anda coba, jika anda berada di Jakarta. Harga dan rasanya pasti pas sehingga cocok untuk siapa saja. Berikut adalah 8 Kuliner Tradisional Khas Betawi.

Asinan Betawi

TribunStyle.com

Asinan hadir dalam beberapa variasi, terbuat dari campuran sayuran acar, yaitu tauge, tahu, selada dan kubis, diolesi dengan campuran saus pedas, asam dan manis. Topping bervariasi, biasanya memadukan kacang dan kerupuk udang yang melengkai asinan khas Betawi ini.

Bir Pletok

Tribunnews.com

Minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Justru minuman herbal ini sehat, yang memadukan beberapa bahan herbal seperti jahe, daun pandan, serai dan gula-garam secukupnya. Kadang kayu manis, lada dan kulit kayu ditambahkan. Orang-orang biasanya minum bir pletok di malam hari untuk sensasi yang hangat.

Bubur Betawi

Tribun Travel

Bubur Versi Betawi disajikan dengan sup bening, dan kaya akan topping. Biasanya terdiri dari potongan ayam dan telur goreng, bersama dengan taburan kerupuk udang, kacang kedelai goreng, daun bawang dan bawang merah goreng. Bubur mudah dicerna sehingga membuat hidangan ini sangat cocok untuk sarapan pagi atau malam.

Kerak Telor

Dapur KOBE

Kerak telor artinya ‘kulit telur’, adalah makanan lokal favorit yang menggunakan telur ayam atau bebek, dicampur dengan nasi, parutan kelapa bakar, nasi ketan setengah matang, asin kering udang, bawang merah goreng, dan campuran pedas cabe merah, jahe, kencur, merica, garam dan gula secukupnya. Biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di pinggiran jalan kota Jakarta.

Ketoprak Boplo

Wikipedia

Ketoprak adalah makanan jalanan khas Jakarta yang terdiri dari bihun beras, tauge kukus, ketupat dan tahu, semua dicampur dengan saus kacang. Topping bervariasi dari penjual ke penjual, tetapi sebagian besar menggunakan bawang merah goreng, kerupuk udang, kubis dan mentimun. Tambahan lainnya adalah dengan telur rebus diiris.

Nasi Uduk

Liputan6.com

Nasi Uduk adalah hidangan nasi asli Jakarta, yang berarti ‘‘nasi campur’. Nasi direndam dalam santan sebelum dikukus, bersama dengan cengkeh, kayu manis, pandan dan serai, membuatnya menjadi hidangan nasi paling harum. Nasi biasanya diberi bawang merah goreng dan disajikan sebagai hidangan utama, Beberapa penjual menyajikan nasi uduk mereka dengan dibungkus daun pisang dan pilihan lauk bervariasi.

Lontong Sayur

Tribun Jabar

Bahan utamanya adalah sup pedas kental yang terbuat dari santan yang diresapi dengan serai, lengkuas, kunyit, daun salam, daun lemon, dan merica. Ketupat diiris disajikan bersama sup. Juga kadang ditambahkan daging ayam atau daging sapi, dan disajikan dengan kerupuk udang atau telur rebus yang diiris di atasnya.

Soto Betawi

Unilever Food Solutions

Soto adalah sup favorit Indonesia yang memiliki variasi, termasuk Soto Betawi yang umumnya meggunakan daging sapi, dan beberapa variasi termasuk daging kambing, yang disajikan dengan bihun, kentang dan tomat. Satu porsi soto biasanya dinikmati dengan sepiring nas, atau irisan lontong. Air jeruk nipis dan kecap bisa ditambahkan sesuai selera.

Nah, itulah 8 kuliner tradisional khas Betawi. Kuliner tradisional saat ini masih cukup mudah di jumpai di pusat keramaian di kota Jakarta, biasanya kuliner Tradisional harganya lebih murah sehingga bisa anda cicipi tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *