7 Wisata di Temanggung yang Menarik

Posted on

Kabupaten Temanggung adalah kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki kondisi geografis yang benar-benar unik. Kabupaten Temanggung terletak di antara dua gunung, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Kondisi ini menyebabkan Kabupaten Temanggung menyimpan keindahan alam semesta yang benar-benar menakjubkan. Kabupaten Temanggung terletak di sebelah selatan Kabupaten Kendal, sebelah utara Kabupaten Magelang, sebelah barat Kabupaten Semarang dan sebelah timur Kabupaten Wonosobo.

Tempat Wisata di Temanggung

Jika anda berkunjung ke Temanggung, jangan lupa untuk mencicipi tempat-tempat wisata di bawah karena banyak tempat wisata di Temanggung memiliki pemandangan yang indah.

1. Dataran Tinggi Posong

Tempat wisata pertama di Temanggung yang bisa Anda kunjungi adalah Dataran Tinggi Posong. Tempat wisata Posong di Temanggung adalah daerah di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, di tempat ini Anda bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa dari ketinggian. Dari Dataran Tinggi Posong Anda dapat melihat matahari terbit yang indah dan pemandangan 7 puncak gunung di sekitar Temanggung, yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan juga Gunung Muria.

2. Kledung Pass

Kledung adalah nama kecamatan yang terletak di antara Gunung Sindoro dan Sumbing. Di kecamatan ini ada jalur yang menghubungkan Kabupaten Temanggung melalui Kabupaten Wonosobo. Di jalan ini ada pemandangan yang benar-benar menakjubkan, yaitu Kledung Pass, di tempat tersebut anda bisa melihat dengan jelas keindahan Gunung Sindro.

3. Embung Kledung

Masih berbicara tentang tempat wisata di Kabupaten Kledung yang tak kalah indahnya yaitu Embung Kledung. Embung adalah danau buatan yang bentuknya tidak terlalu besar. Embung umumnya digunakan untuk mengumpulkan air hujan, sehingga bisa digunakan untuk irigasi. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berekreasi.

4. Umbul Jumprit

Umbul Jumprit adalah salah satu wisata Kabupaten Temanggung, yang menarik untuk dikunjungi. Banyak yang melihat tempat ini sebagai tempat suci. Konon, Jumprit Pennant ini dulunya merupakan tempat pengasingan Pangeran Singonegoro dan para pengikutnya yang merupakan Pangeran Majapahit karena mereka tidak ingin mengikuti kepemimpinan yang dimiliki Raden Patah untuk pertama kalinya di Demak Bintoro. Di sekitar panji ada juga hutan pinus yang benar-benar indah.

5. Curug Surodipo

Jika Anda menginginkan air terjun yang masih indah dan masih mempertahankan keasliannya, Anda bisa mengunjungi air terjun Surodipo di Temanggung, Jawa Tengah. Objek wisata Curug di Temanggung juga dikenal sebagai air terjun Trocoh, alamatnya ada di Desa Tawangsari, Kabupaten Wonoboyo. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 120 meter dan pemandangan sekitarnya yang masih hijau dan indah.

6. Curug Onje

Air terjun yang tak kalah indahnya di Temanggung adalah Curug Onje. Air yang mengalir juga sangat jernih sehingga bisa digunakan untuk basah-basahan. Pemandangannya juga menarik sehingga cocok untuk mengabadikan momen.

7. Candi Pringapus

Kabupaten Temanggung rupanya juga melestarikan peninggalan sejarah dalam bentuk candi, yaitu Candi Pringapus. Candi Pringapus terletak di Desa Pringapus, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Menurut para arkeolog, Candi Pringapus adalah kuil internal agama Hindu yang mengklaim sebagai sarana pemujaan Dewa Siwa. Berdasarkan prasasti yang ditemukan di sekitar candi, Candi Pringapus dibangun pada 850 M dan kemudian dipulihkan pada tahun 1932. Saat liburan, banyak pengunjung mengunjungi candi ini. Bukan hanya wisatawan lokal, terkadang ada lebih banyak turis asing yang meluangkan waktu untuk melihat Candi Pringapus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *