Wikipedia

7 Tempat Wisata Sejarah dan Museum di Surabaya

Posted on

Surabaya adalah kota pahlawan, hal ini menjadikan kota Surabaya sebagai kota yang menyimpan banyak sejarah, terutama sejarah Indonesia pada jaman perjuangan. Namun, Surabaya juga memiliki banyak sejarah-sejarah lain mulai dari agama hingga budaya. Jika anda ingin berlibur ke Surabaya, cobalah untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata bersejarah berikut.

1. House of Sampoerna

The Jakarta Post

House of Sampoerna merupakan museum yang berisi tentang sejarah pabrik rokok dan keluarga pengelola pabrik rokok ternama di Indonesia. Kompleks bangunan megah ini bergaya kolonial Belanda.

Yang paling hebat adalah, anda dapat mengikuti tur bus Surabaya Heritage Track yang diadakan museum ini secara gratis. Anda akan diajak berkeliling di kawasan bersejarah dengan ditemani pemandu.

2. Klenteng Sanggar Agung

JejakPiknik.com

Klenteng Sanggar Agung merupakan tempat ibadah dan juga tempat wisata yang berlokasi di kawasan Kenjeren Park, untuk bisa melihat-lihat memasuki tempat ini anda membutuhkan setidaknya Rp 5000 per orang. Walaupun harus membayar, anda akan dapat melihat-lihat bangunan-bangunan dengan arsitektur unik termasuk dua patung raksasa ikonik, yakni Patung Dewi Kwam Im setinggi 20 meter dan Patung Maha Brahma berwajah empat yang berlapis emas.

3. Tugu Pahlawan

Wikipedia

Tugu bersejarah yang merupakan bagian dari sejarah penting bangsa Indonesia adalah ikon kota Surabaya. Tugu ini dibangun sebagai monumen untuk memperingati jasa perjuangan para pahlawan di Surabaya pada 10 November 1945.

Tugu ini memiliki tinggi 42 meter. Anda dapat melihatnya dari dekat, namun jika anda ingin mengetahui lebih dalam dibalik Tugu Pahlawan, terdapat museum di bawah tugu yang bernama Museum Perjuangan Sepuluh Nopember. Untuk bisa masuk kesini anda cukup membayar tiket Rp 2000.

Terdapat berbagai benda-benda dan patung yang berhubungan dengan perebutan Surabaya dari Belanda 10 November 1945.

4. Monumen Kapal Selama (Monkasel)

MLDSPOT

Sebuah kapal selam besar di tengah kota memang merupakan pemandangan aneh yang tidak masuk akal yang memicu rasa ingin tahu. Monumen Kapal Selam ini adalah senjata perang sungguhan, yang bersumber dari Rusia dan digunakan oleh angkatan laut Indonesia segera setelah kemerdekaan. Karena sekarang sudah pensiun, kapal selam ini berfungsi sebagai objek wisata populer yang mengisahkan cerita tentang sejarah maritim bangsa.

Anda dapat masuk ke dalam dan melihat interior kapal selam sungguhan, termasuk ruangan tidur awak kapal, ruang diesel, ruang tinggal perwira, dan lain-lain. Di ruang pemutaran film anda juga bisa menonton film dokumenter sejarah angkatan laut Indonesia. Untuk bisa masuk ke dalam anda harus merogoh kocek Rp 10000

5. Museum Bank Indonesia

Wisata Sekolah

Museum ini adalah museum bank pada jaman Hindia Belanda, yang berisikan tentang koleksi sejarah perbankan pada jaman dahulu, mata uang lawas, ruang penyimpanan uang, dan lain-lain. Arsitekturnya yang bergaya kolonial Belanda adalah daya tarik utama museum ini. Bangunannya yang unik dan terawat membuatnya  sering dijadikan lokasi foto pre-wedding atau buku tahunan.

6. Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria

Rooang.com

Gereja ini juga kerap dipanggil Gereja Kepanjen karena memang lokasinya terletak di Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Sel., Krembangan. Gereja ini merupakan salah satu gereja tertua di Surabaya, dibangun pada tahun 1815, memiliki arsitektur kuno dan kokoh.

7. Museum Surabaya

JejakPiknik.com

Pada 2015 Museum ini  diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Berlokasi di Jl. Tunjungan No.1, Genteng.

Mulanya gedung ini adalah pusat perbelanjaan, namun kini sudah diubah oleh pemprov Surabaya sebagai museum yang mengisahkan tentang Surabaya temp dulu mulai dari perabot zaman kolonial Belanda, potret walikota Surabaya dari masa ke masa, hingga alat-alat kesehatan kuno.

itulah tempat-tempat wisata sejarah di Surabaya. Tempat-tempat wisata di atas, selain tidak membutuhkan uang banyak juga cocok sekali untuk wisata bersama keluarga dan anak atau wisata sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *