(sumber: kompas.com)

7 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Anda Coba

Posted on

Garut merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat. Tempat wisata di Garut belakangan ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal. Wisata alam di Garut sangat indah dan penduduknya yang ramah membuat pengunjung tempat wisata Garut merasa betah, puas dan ingin kembali lagi.

Selain mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Kabupaten Garut, Anda juga bisa menghabiskan waktu berbelanja berbagai oleh-oleh seperti Dodod, Bungbulang, Chocodot, Burayot, Dorokdok, Jaket Kulit dan berbagai kerajinan kulit dari Sukaregang, Garut.

Nah, bagi Anda yang berminat liburan ke Garut, cobalah berkunjung tempat-tempat wisata di bawah:

1. Gunung Cikuray

(sumber: pagguci.com)

Gunung Cikuray berada di ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut. Gunung Cikuray dikenal dengan julukan “bumi di awan” karena ketika pagi mendekati, hamparan awan tebal mengelilingi puncak gunung yang sangat indah. Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Cilawu, Kabupaten Cigedung, Kabupaten Cikajang dan Kabupaten Banjarwangi.

Pada akhir pekan atau hari libur, puncak Gunung Cikuray selalu penuh dengan pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tertarik mendaki Gunung Cikuray karena lintasannya tidak terlalu panjang tetapi memiliki pesona keindahan yang luar biasa.

2. Situ Bagendit

(sumber: koropak.co.id)

Situ Bagendit terletak di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Dari pusat Garut jaraknya sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Situ Bagendit adalah danau di sekitarnya yang terdapat sawah dan rumah. Tempat wisata di Garut ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona dan menawan. Di sini pengungjung dapat melakukan banyak kegiatan, seperti naik rakit bambu, sepeda air, kano, memancing dan jet ski.

Fasilitas di tempat wisata Garut ini cukup lengkap dan memiliki daya tarik sendiri, sehingga tidak heran jika Bagendit adalah tujuan wisata keluarga paling menarik dan terkenal di Garut.

3. Gunung Guntur

(sumber: arifsetiawan.com)

Gunung Guntur adalah gunung tertinggi ketiga setelah Gunung Cikuray dan gunung Papandayan. Jika dari arah Bandung terletak tepat sebelum Lapangan Tarogong Garut.

Di kaki gunung Guntur ada air terjun atau penduduk lokal menyebutnya Curug Citiis. Di tempat ini pengunjung dapat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Guntur, yang sangat indah. Dari puncak Anda dapat dengan jelas melihat Situ Bagendit, Gunung Cikuray, objek wisata Cipanas Garut dan rumah-rumah serta toko-toko warga di kota Garut.

4. Pantai Santolo

(sumber: digarut.com)

Pantai Santolo atau pantai Cilauteureun terletak di Cikelet Pameungpeuk, di selatan wilayah Garut. Pantai Santolo adalah pantai paling populer di Garut. Di pantai Santolo, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luar biasa, terutama saat matahari terbenam.

Di tempat ini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI), pengunjung dapat membeli ikan segar lalu membakar di sana. Di daerah pantai Santolo ada juga banyak restoran yang menawarkan ikan bakar dan makanan laut, siap untuk dimakan..

5. Pemandian Cipanas

(sumber: kompas.com)

Pemandian Cipanas adalah tempat wisata paling populer di Garut. Air yang dihasilkan dari energi panas bumi adalah karakteristik kolam renang di daerah Cipanas, Garut ini. Pemandian Cipanas terletak di dekat alaun-alun Tarogong, Anda dapat mencapai sumber mata air Cipanas menggunakan angkot cokelat dari alun-alun Tarogong hanya dalam beberapa menit.

Di Cipanas ada banyak hotel dan penginapan yang berkelas, bisa digunakan sebagai tempat pertemuan, menginap atau pelatihan. Fasilitas air panas Cipanas dilengkapi dengan permainan air modern, seperti water boom, dll. Cipanas adalah tempat wisata di Garut yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga ataupun komunitas.

6. Kawah Putih Talaga Bodas

(sumber: backpackerjakarta.com)

Talaga Bodas berarti danau putih. Kawah Putih Talaga Bodas adalah tempat wisata di Garut yang memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan unik. Talaga Bodas menawarkan pesona alam pegunungan, udara segar, dan perbukitan hijau yang indah.

Di tempat wisata Garut ini, Anda bisa mandi air panas, karena di Talaga Bodas ada serangkaian pemandian air panas yang bisa Anda nikmati. Air panas di kawah putih Talaga Bodas memiliki kandungan sulfur tinggi dan efektif dalam mengobati berbagai penyakit seperti rematik dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Candi Cangkuang

(sumber: kostisolo.co.id)

Di desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, terdapat candi peninggalan Hindu, yaitu Candi Cangkuang. Candi ini didirikan sejak zaman kekaisaran Sunda pertama. Candi Cangkuang  Candi Cangkuang adalah tempat wisata paling menarik di Garut yang masih ada sampai sekarang.

Nama Cangkuang berasal diambil dari nama desanya. Sedangkan nama Desa Cangkuang berasal dari nama pohon yang disebut Cangkuang yang tumbuh di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad.

Itu dia 7 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Anda Coba. Semoga dapat membantu Anda yang ingin berwisata ke daerah Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *