7 Tempat Wisata di Blora yang Indah dan Menarik

Posted on

Blora adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Blora dikenal karena memproduksi kayu jati berkualitas tinggi. Kayu jati ini diambil dari hutan jati yang sebagian besar dikelola oleh Perhutani atau juga oleh masyarakat setempat.

Di bidang pariwisata sendiri, Kabupaten Blora memiliki tempat wisata yang indah dan menarik. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Blora yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke daerah ini.

1. Waduk Bentolo

Tempat Wisata Blora yang pertama adalah Waduk Bentolo. Waduk Bentolo di Blora terletak tidak jauh dari gua Terawang, oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi tempat ini bersamaan. Seperti halnya waduk pada umumnya, waduk Bentolo digunakan untuk menampung air yang kemudian akan digunakan untuk mengairi sawah di sekitar waduk. Namun selain sebagai tujuan irigasi, waduk Bentolo juga dikunjungi oleh banyak wisatawan yang ingin melihat keindahan waduk Kabupaten Blora yang terkenal ini.

2. Gunung Manggir

Tempat wiata Blora selanjutnya yaitu, Gunung Manggir dengan pemandangannya yang sangat indah. Gunung Manggir di Blora adalah bukit batu kapur yang terletak di perbukitan Manggir, kota Ngumbul, kabupaten Todanan, Kabupaten Blora. Bukit kapur Gunung Manggir ini ini dilapisi oleh pepohonan. Di sekitar gunung terdapat gua alam yang sangat diminati oleh wisatawan. Selain gua, ada juga mata air yang sangat jernih.

3. Waduk Greneng

Kabupaten Blora juga memiliki waduk yang dibuat secara khusus sebagai tempat wisata, yaitu waduk Greneng. Waduk ini diberi nama sesuai lokasinya di Greneng, desa Tunjungan, kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora. Jarak waduk Greneng dari pusat kota Blora adalah sekitar 12 km. Lokasi waduk Greneng brtadai di Hutan KPH Blora, karenanya, meningkatkan keindahan alami waduk Greneng ini.

4. Goa Terawang

Tempat wisata selanjutnya di Kabupaten Blora yaitu Gua Terawang. Tempat ini adalah objek wisata berupa gua alam yang terletak di tepi Jalan Todanan-Blora, Todanan, Blora. Gua ini terletak di tengah hutan jati yang dikelola oleh Perhutani. Kawasan wisata Goa Terawang memiliki luas 13 hektar di mana terdapat sebuah gua utama, 5 gua kecil dan 1 mata air. Gua Terawang ini adalah tujuan wisata karena keunikannya dalam bentuk gua yang terbentuk secara alami.

5. Loko Wisata Cepu

Tempat wisata di Blora yang cukup unik adalah Loko Wisata Cepu, yang merupakan lokomotif kuno pada era Belanda. Lokomotif ini adalah diproduksi oleh Berliner Maschinnenbaun pada tahun 1928. Sebelumnya, lokomotif ini digunakan untuk merakit fasilitas transportasi dan mengangkut hasil hutan jati di Kabupaten Blora. Saat ini, lokomotif ini digunakan untuk tempat wisata yang dikelola oleh Perhutani KPH Cepu. Bagi pengunjung yang berminat menaiki lokomotif ini, perlu merogoh kocek.

6. Agrowisata Temanjang

Perluasan hutan di Kabupaten Blora mengembangkan banyak tempat wisata yang indah. Salah satu wisata didasarkan pada pengembangan hutan di Blora adalah Agrowisata Temanjang. Di tempat agrowisata ini ada banyak pohon jati atau buah. Agro Turismo Temanjang dapat digunakan sebagai rute alternatif, terutama oleh penduduk Blora ketika musim liburan tiba.

7. Taman Sarbini

Taman Sarbini adalah wisata taman air di Blora yang terletak di pusat kota Blora. Taman Sarbini di Blora sangat cocok sebagai wisata keluarga, karena di tempat ini ada banyak permainan untuk anak. Selain itu, di Taman Sarbini juga terdapat berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai. Taman Sarbini adalah tujuan wisata yang harus Anda kunjungi, selain harga ekonomisnya. ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *