7 Tempat Wisata Dekat Malioboro dan Sekitarnya

Posted on

Nama Malioboro memang sudah sangat terkenal sekali. Namum pernahkah Anda kesana? Tentunya bagi yang belum pernah ke sana, penasaran ada apa saja di Malioboro? Selain di Jalan Malioboro sendiri, banyak juga tempat wisata di dekat Malioboro yang bisa dikunjungi loh. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dekat dengan Mlioboro.

1. Taman Sari

Tempat wisata yang dekat dengan Malioboro pertama adalah Taman Sari, yang terletak di sebelah selatan Keraton Yogyakarta. Anda bisa menggunakan jasa becak untuk ke sana dengan jarak tempuh kira-kira 15 menit. Taman Sari merupakan bagian dari bangunan keraton yang terdiri dari bangunan-bangunan dan lorong bawah tanah dengan sentuhan seni arsitek Belanda yang indah dan juga unik.

2. Benteng Vredeberg

Tempat wisata selanjutnya yang dekat dengan Malioboro adalah Museum Benteng Vandenberg. Museum ini berada di perempatan di sebelah selatan Malioboro. Benteng bersejarah ini dahulu dibangun oleh pemerintah Belanda sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan militer.

3. Alun-Alun Kidul

Alkid aalah sebutan dari masyarakat setempat, berada tepat di belakang Keraton Yogyakarta. Alkid selalu dipenuhi masyarakat lokal ataupun wisatawan di setiap malamnya. Karena tempat ini memiliki daya tarik yang unik dan lokasinya strategis.

Alun-alun Kidul sendiri memiliki makna penting bagi kota Jogja. karena menurut Tata Arsitektur Tradisional Jawa terdapat istilah Catur Gatra Tunggal, yang artinya empat elemen dalam satu kesatuan. Dan hal ini bisa kita saksikan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di mana tempat berdirinya keraton, masjid, alun-alun, dan pasar. Karena masing-masing sebagai pusat kekuasaan, ibadah, kegiatan rakyat, dan ekonomi.

4. Taman Pintar

Tempat wisata lain yang masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki terutama dari Museum bentang Vandenberg adalah Taman Pintar yang terletak di sebelah timur Benteng Vandenberg. Taman Pintar ini dibangun sebagai media bermain anak-anak agar dapat menumbuhkan minat mereka terhadap pengetahuan atau sains.

5. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Ada di bagian ujung selatan dari jalan Malioboro yakni Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Titik Nol Kilometer Yogyakarta ini adalah sebuah titik yang menjadi patokan penentuan jarak antar daerah di Yogyakarta dengan kota lain di luar Yogyakarta.

Kawasan ini setiap harinya tidak pernah sepi dikunjuni bahkan tempat favorit untuk hangout atau nongkrong. Letak Titik Nol Yogyakarta berada di lintasan antara Alun-alun Utara hingga daerah Ngejaman di ujung Selatan Malioboro.

6. Keraton Yogyakarta

Ke arah selatan perempatan Malioboro terdapat Keraton Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 400 meter dari perempatan Malioboro. Di sana Anda bisa melihat adat kebudayaan kesultanan Jogja yang masih dilestarikan hingga sekarang. Selain itu Anda juga bisa melihat beberapa koleksi benda pusaka kerajaan seperti keris, lukisan, kereta kencana dan lain sebagainya.

7. Pasar Beringharjo

Belanja oleh-oleh di pasar Bringharjo bisa jadi agenda seru Anda di dekat Malioboro. pasalnya di pasar Bringharjo ini banyak sekali pernak pernik keren yang bisa dijadikan oleh-oleh. selain itu banyak juga batik ciri khas dari Jogja. Pasar ini juga merupakan pasar yang jadi favorit wisatawan untuk memburu oleh-oleh dari khas Jogja.

Pasar Beringharjo sedniri lokasinya ada di ujung pertokoan malioboro, atau berada tepat di seberang Mirota Batik Jogja. Biasanya pasar ini mulai beroperasi pagi hari dan tutup pukul 17.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *