7 Tempat Wisata Bernuansa Alam di Sukabumi

Posted on

Ada banyak tempat wisata di Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi. Terutama tempat-tempat wisata bernuansa alam, karena di daerah ini memiliki kekayaan alam yang melimpah sehingga banyak dijadikan tempat wisata.

Selain tempat wisata di Bandung, Sukabumi juga merupakan salah satu tujuan wisata warga Jakarta saat liburan atau akhir pekan. Jarak dari Sukabumi ke Jakarta sekitar 120 km, dan dari Bandung sekitar 100 km

Pesona alam Sukabumi yang indah menjadikannya tempat favorit untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, saudara, atau pasangan. Kota Sukabumi sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur (timur), Kabupaten Bogor (utara), Kabupaten Lebak (barat) dan Samudra Hindia (selatan).

Nah, bagi anda yang tertarik pergi ke Sukabumi, cobalah beberapa tempat wisata bernuansa alam berikut.

1. Situ Gunung

(sumber: travelingyuk.com)

Salah satu objek wisata alam di Sukabumi yang patut dikunjungi adalah Situ Gunung. Situ Gunung memiliki pemandangan alam yang indah, yang memberikan kesegaran dan ketenangan bagi siapa saja yang datang untuk mengunjungi tempat ini.

Situ atau Danau berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Danau ini memiliki tempat berkemah yang bisa Anda gunakan untuk berkemah. Ada juga akomodasi jika Anda tidak terbiasa berkemah. Selain udaranya yang segar, Situ Gunung juga menghadirkan pemandangan alam yang mengesankan. Terdapat juga Jembatan Situ Gunung yang biasa digunakan pengunjung untuk berfoto atau melihat pemandangan sekitar.

Situ Gunung beralamat di Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi.

2. Curug Sawer

(sumber: republika.co.id)

Ketika mengunjungi Jawa Barat, curug atau air terjun adalah salah satu tujuan wisata yang banyak ditemui. Di Sukabumi, Anda dapat mengunjungi daerah Kadudampit untuk menikmati keindahan Curug Sawer. Anda juga bisa mencoba dinginnya air terjun. Meski terletak di tengah hutan, lokasi ini cukup mudah dijangkau.

Untuk mengunjungi air terjun setinggi 30 meter ini, Anda cukup membayar Rp. 2.500. Curug Sawer buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

3. Curug Cimarinjung

(sumber: kumparan.com)

Air terjun yang Instagramable ini terletak di Desa Cimarinjung, Desa Ciwaru. Meskipun lokasinya cukup tersembunyi, akses ke air terjun Cimarinjung tidaklah sulit. Sebelum melihat air terjun setinggi 100 meter ini, Anda dapat menikmati panorama sungai dan hutan di sekitarnya.

Selain Cimarinjung, ada dua air terjun lainnya yang disebut Dogdog dan Nyelempet. Sayangnya Anda harus hati-hati untuk sampai ke sana, jalannya cukup sulit. Mengunjungi curug ini sangatlah hemat, tiketnya hanya Rp 3.000.

4. Santa Sea Waterpark

(sumber: travelspromo.com)

Tempat wisata di Sukabumi dengan nuansa alam selanjutnya adalah Santa Sea Waterpark. Walaupun bukan wisata alam, namun nuansannya sangat terasa. Lokasinya juga cukup strategis karena berada di pusat kota. Jika anda tidak ingin pergi jauh-jauh ke pelosok, maka Santa Sea Waterpark dapat menjadi pilihan yang terbaik. Taman air terbesar di Sukabumi ini terletak di Jalan Lio, Santa, Desa Gedong Panjang.

Tiket masuk pada hari biasa yaitu Rp 40.000, dan Rp 60.000 pada akhir pekan. Di Santa Sea Waterpark anda akan diajak untuk menjelajahi berbagai wahana air yang ada. Beberapa di antaranya seperti Sungai Amazon, Pemandian Air Panas, Racing Slide, Forest Jungle, dan banyak lainnya.

5. Pantai Amanda Ratu

(sumber: surade.com)

Tidak hanya menawarkan air terjun yang indah, tempat wisata alam di Sukabumi juga menawarkan pantai. Pilihannya beragam, seperti pantai Amanda Ratu di Desa Purwasedar. Pantai ini terlihat seperti Tanah Lot di Bali, karena ada pulau kecil di tengah perairannya.

Pantai buka 24 jam, di mana terdapat berbagai fasilitas pendukung yang tersedia. Jika ingin bermalam, Anda bisa memilih beragam akomodasi. Seperti Resor Amandaratu yang ada di dekat pantai. Tiket masuk ke pantai murah, sekitar Rp 5.000 per orang.

6. Bukit Karang Para

(sumber: inisukabumi.com)

Tidak cukup 1-2 hari untuk bepergian ke Sukabumi, karena ada banyak tempat-tempat wisata alam yang indah dan Instagramable yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Bukit Karang Para. Bukit ini berada di wilayah Desa Padaraang, Desa Kebonmanggu.

Di situs seluas 12 hektar ini, Anda dapat sepuasnya melihat pemandangan alam sambil berfoto. Terdapat berbagai spot menarik yang siap menyambut Anda, seperti Jembatan Hati. Untuk masuk di kawasan ini sangatlah murah, tiket masuknya hanya Rp 2.000.

7. Pantai Cicaladi

(sumber: kknm.unpad.ac.id)

Tempat wisata di Sukabumi dengan nuansa alam terakhir adalah Pantai Cicaladi, yang terletak di desa Sukatani. Daya tarik tempat ini adalah hadirnya ombak besar yang sesekali menghantam tebing. Berhati-hatilah saat melihatnya, karena getarannya bisa terasa di tempat Anda berdiri.

Sore adalah waktu yang tempat untuk berkunjung ke sini. Selain bisa menikmati keindahan sunset, air laut juga surut. Daya tarik Pantai ini tidak hanya pada pemandangan alamnya saja tetapi juga batuan karang yang berlubang, bukit rerumputan, dan tebing tinggi.

Itulah 7 Tempat Wisata Bernuansa Alam di Sukabumi, semoga dapat membantu anda yang tertarik untuk berlibur ke Sukabumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *