7 Rekomendasi Tempat Wisata di Tegal

Posted on

Tegal merupakan sebuah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Ada beberapa tempat wisata menarik di Kabupaten Tegal yang bisa dikunjungi jika Anda berencana berwisata di kota ini. Dalam artikel kali ini kami akan merekomendasikan 7 tempat wisata di Tegal yang menarik dan populer.

1. Sumber Air Panas Guci

(sumber: datawisata.com)

Sumber Air Panas Guci adalah salah satu objek wisata alam paling terkenal di wilayah Tegal, yang terletak di Dusun Pekandangan, Desa Rembul, Kec. Bojong, Kab. Tegal. Sesuai namanya, tempat wisata ini berupa sumber air panas yang terletak di kaki Gunung Slamet. Sumber air panas yang tersedia berjumlah 25 buah dengan tingkat suhu yang berbeda.

Masyarakat percaya bahwa air yang keluar dari Sumber Air Panas Guci menyembuhkan beberapa penyakit. Selain terkenal karena perairannya yang panas, pemandangan di sekitar Guci juga sangat menarik karena terletak di kaki Gunung Slamet sehingga Anda dapat merasakan sensasi udara pegunungan yang segar.

2. Pantai Purwahamba

(sumber: triptrus.com)

Letak Tegal yang berada di tepi Pulau Jawa menjadikan daerah ini memiliki beberapa pantai indah yang sayang untuk dilewatkan. Pantai Purwahamba adalah salah satu pantai yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Tegal. Selain pemandangan yang insah, pantai ini memiliki berbagai fasilitas yang sangat lengkap seperti kolam renang, taman air, sepeda air, kereta mini, kafe, gazebo, dll.

Jika Anda tertarik mengunjungi pantai ini, alamtnya berada di Jl. Raya Tegal – Pemalang Km. 14, Tegal.

3. Waduk Tirta Cacaban

(sumber: ekexonat7602008.blogspot.com)

Waduk Tirta Cacaban adalah tempat wisata di Tegal yang indah. Skenario dari tur ini adalah dalam bentuk bangunan reservoir yang dibangun sejak 1952 dan peletakan batu pertama dibuat oleh Presiden Soekarno. Waduk Cacaban sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai fasilitas irigasi untuk sawah di sekitarnya, tetapi juga digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Jenderal sebagai objek wisata yang mungkin. Dan faktanya, selama ini, waduk Tirta Cacaban berkembang secara serius sebagai objek wisata. Ini terbukti dalam pembangunan beberapa fasilitas di sekitar waduk, seperti lokasi berkemah, taman bermain, platform hiburan, pos terapung, perahu wisata, dll.

4. Agro Wisata Loco Antik

(sumber: yukpiknik.com)

Apakah Anda ingin menikmati lokomotif kuno di sekitar desa dan perkebunan tebu? Di Tegal Anda bisa menikmatinya, khususnya di Agrowisata Loko lama yang dikelola oleh PG. Pangka di Kabupaten Tegal, yang merupakan bagian dari PTPN IV Jawa Tengah. PG Pangka adalah perusahaan perkebunan tebu dan pengolahan yang ditinggalkan oleh pemerintah kolonial Belanda yang telah dinasionalisasi sebagai perusahaan Indonesia. Selain menikmati lokomotif tua, Anda juga dapat mengunjungi pabrik gula dan melihat sendiri pembuatan gula pasir dengan mesin dan, pada waktu-waktu tertentu, terutama sebelum musim dimulai, ritual tebu akan berlangsung. gula. Untuk kinerja yang diperoleh pada tahun itu.

5. Curug Cantel Bumijawa

(sumber: pesona.travel)

Air terjun Cantel Bumijawa memiliki pemandangan indah dalam bentuk air terjun atau air terjun hingga 60 meter. Dengan ketinggian itu, jatuhnya air akan terasa begitu deras sehingga tidak disarankan untuk mandi langsung di bawah air terjun ini. Untuk menikmati keindahan air terjun Cantel Bumijawa, anda harus menuju ke lokasi yang cukup tersembunyi, yaitu di Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Akses untuk mencapai tempat wisata ini masih sulit, karena dipantau 400 meter dari jalan raya.

6. Curug Putri

(sumber: camerawisata.com)

Air terjun Putri juga memiliki pemandangan yang indah, yang berbentuk air terjun di tengah pepohonan yang rindang. Air terjun ini tidak setinggi air terjun Cantel, yang hanya memiliki ketinggian 25 meter. Air terjun Putri terletak di perbatasan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tegal dan Brebes. Akses jalan menuju air terjun Putri sangat mudah sehingga menjadikan air terjun Putri menjadi tempat wisata di Tegal yang tidak pernah sepi pengunjung.

7. Kompleks Pantai Alam Indah

(sumber: inibaru.id)

Ini adalah salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi di kota Tegal, karena lokasinya yang strategis di kota Tegal, Jawa Tengah. Resor pantai Alam Indah memiliki bentuk datar dengan pasir pantai berwarna coklat. Pantai ini memiliki panjang 2.100 meter dan memiliki pemandangan yang bagus karena bersih dari sampah. Di lokasi Kompleks Pantai Alam Indah, beberapa fasilitas menarik telah dibangun, seperti Waterboom, monumen di perahu serat optik bahari, yang sangat populer di kalangan wisatawan. Jika Anda tertarik mengunjungi resor pantai Alam Indah, Anda bisa pergi ke jalan Sangir Mintaragen Village, distrik Tegal Timur, kota Tegal.

Nah, itulah rekomendasi 7 tempat wisata di Tegal, semoga dapat membantu anda yang ingin berwisata di kabupaten ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *