(sumber: dolanyok.com)

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Magelang

Posted on

Magelang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Magelang terletak di antara Yogyakarta dan Semarang.

Di Magelang ada banyak potensi alam yang dapat digunakan untuk tempat wisata. Tempat wisata paling terkenal di Magelang adalah Candi Borobudur, yang telah memenangkan gelar sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Dengan demikian candi Borobudur juga merupakan ikon Magelang.

Bukan hanya Candi Borobudur. Masih banyak tempat wisata lainnya di Magelang. Berikut adalah 7 Tempat Wisata di Magelang yang wajib Anda kunjungi.

1. Alun-Alun Kota Magelang

(sumber: anekatempatwisata.com)

Di alun-alun kota Magelang terdapat atraksi menarik seperti air mancur, area bermain keluarga, beragam kuliner yang lezat dan menara air yang berfungsi sebagai reservoir bagi penduduk kota Magelang. Menara air ini adalah bangunan peninggalan Belanda, yang sampai sekarang masih berfungsi dengan baik.

Alun-alun kota Magelang terletak di antara tempat ibadah dan pusat perbelanjaan. Pada hari libur atau pada hari-hari tertentu, alun-alun kota tidak pernah sepi dari pengunjung, baik siang maupun malam karena terbuka untuk umum, ada band hiburan untuk konser dan berbagai hidangan kuliner yang siap menemani waktu Anda bersantai.

2. Pecinan Magelang

(sumber: bakpiamutiarajogja.com)

Di Magelang juga terdapat kawasan Pecinaan atau Chinatown yang terletak di Jalan Pemuda Magelang dekat alun-alun kota Magelang. Daerah Pecinan Magelang juga disebut Magelang Malioboro, objek wisata di kota Magelang ini digunakan sebagai pusat perbelanjaan yang cukup sibuk dan lengkap, mulai dari toko perhiasan, restoran, suvenir, dll. Pecinan Magelang ini juga merupakan jalan utama dari kota Magelang ke Yogyakarta.

3. Candi Borobudur

(sumber: detik.net.id)

Candi Borobudur bukan hal asing di telinga kita, tidak hanya tempat wisata di Magelang, tetapi telah menjadi ikon tempat wisata Indonesia. Karena candi ini adalah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia yang ada. Meskipun sering dijadikan tujuan wisata di Yogyakarta, candi ini terletak di wilayah Kabupaten Magelang, tepatnya 40 KM dari Yogyakarta.

4. Candi Umbul

(sumber: jatengprov.go.id)

Candi Umbul adalah objek wisata di Magelang dalam bentuk pemandian air panas yang terletak di desa Kartoharjo, kabupaten Grabag, Kabupaten Magelang. Candi Umbul adalah salah satu situs kuno yang terkenal dengan pemandian air panasnya.

Masyarakat sekitar percaya bahwa pemandian air panas Candi Umbul menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal, tinea versikolor, dll. Karena, menurut penelitian, air panas ini mengandung belerang dan dapat membantu menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut.

5. Ketep Pass

(sumber: dolanyok.com)

Wisata alam ini sebenarnya adalah pos pengamatan Gunung Merapi yang terletak di Ketep Sawangan, Kabupaten Magelang. Daya tarik pos pengamatan ini tentunya memiliki panorama yang indah. Tempat ini juga memiliki fasilitas teropong yang bisa digunakan pengunjung.

Pemandangan di Ketep Pass dijamin tidak akan mengecewakan, dan cocok sekali untuk berfoto-foto.

6. Air Terjun Sekar Langit

(sumber: 4sqi.net)

Air terjun Sekar Langit terletak di desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dari dasar air terjun. Lokasi air terjun Sekar Langit berjarak sekitar 15 km dari kota Magelang, yang dapat ditempuh menggunakan mobil atau motor pribadi. Akses jalan ke air terjun Sekar Langit tidak terlalu sulit untuk dijangkau.

7. Gunung Andong

(sumber: tstatic.net)

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut. Jika Anda sampai di puncak, Anda akan melihat pemandangan kota yang indah, seperti Magelang, Ambarawa, dan Salatiga. Anda juga bisa melihat Gunung Merapi, Sindoro dan Gunung Sumbing.

Gunung Andong cocok digunakan sebagai tempat pelatihan bagi pendaki pemula karena durasi untuk sampai ke puncak hanya sekitar dua jam.

Itulah, 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Magelang, semoga dapat membantu anda yang ingin liburan ke Magelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *