(sumber: sportourism.id)

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Brebes yang Menarik

Posted on

Kabupaten Brebes adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Karena lokasinya berdekatan dengan Jawa Barat, ada beberapa orang yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari selain bahasa Jawa, tentu saja. Bahasa Jawa di Brebes memiliki dialek khas di mana orang sering menyebutnya ngapak.

Berbicara tentang Kabupaten Brebes, tidak lengkap jika tidak mencoba wisatanya, di Kabupaten Brebes juga memiliki beragam tempat wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain. Tempat wisata Brebes dan sekitarnya selalu menarik wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati keindahannya. Pada artikel ini kita akan membahas 7 rekomendasi tempat wisata di Brebes.

1. Kebun Teh Kaligua

(sumber: ruangdiary.com)

Tempat wisata di Brebes yang pertama adalah Kebun Teh Kaligua. Tempat wisata ini adalah perkebunan teh yang dikelola oleh salah satu BUMN, yaitu PT Perkebunan Nusantara IX. Kebun Teh Kaligua memiliki pemandangan yang indah, yaitu hamparan kebun teh hijau dan udara segar karena berada di pegunungan. Melihat potensi Kebun Teh Kaligua sebagai tempat wisata, PTPN menjadikannya tujuan wisata.

2. Curug Putri

(sumber: travelingyuk.com)

Curug (air terjun) Putri merupakan salah satu tempat wisata alam di Brebes. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah yaitu air terjun setinggi 35 meter di mana di sekitar air terjun terdapat tebing yang seolah-olah telah terukir di permukaannya. Untuk sampai ke lokasi wisata Brebes, masih cukup sulit karena Anda harus berjalan kaki sebelum mencapai lokasi wisata air terjun Putri ini. Jika anda tertarik, lokasinya berada di Dusun Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes.

3. Ciblon Waterboom

(sumber: daunwisatacahaya.wordpress.com)

Seperti namanya, Ciblon Waterboom adalah taman air yang sudah terkenal di Kabupaten Brebes. Tempat wisata di Brebes ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama ketika liburan tiba. Di waterboom ini Anda dapat menikmati suasana kolam yang mengasyikkan dengan seluncuran setinggi 12 meter. Ada juga wahana-wahana air lainnya. Lokasi Ciblon Waterboom berada di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes.

4. Waduk Malahayu

(sumber: sportourism.id)

Di Kabupaten Brebes ada juga danau yang disebut Waduk Malahayu. Seperti kebanyakan waduk, waduk ini juga memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan air yang kemudian dapat digunakan untuk irigasi di sawah. Tetapi karena pemandangan di tempat ini indah, banyak orang datang ke tempat ini untuk menikmati pemandangan di sekitar waduk. Di sore hari, terutama selama liburan, banyak pengunjung yang nongkrong di waduk ini.

5. Waduk Penjalin

(sumber: news-mojo.blogspot.com)

Selain waduk Malahayu, Kabupaten Brebes juga memiliki tujuan wisata waduk lainnya, yaitu waduk Penjalin. Waduk Penjalin memiliki luas sekitar 1,5 kilometer persegi. Waduk Penjalin terletak di Winduaji, Paguyangan, Brebes. Sebagian besar pengunjung datang ke tempat ini untuk bersantai sambil melihat pemandangan sekitar sambil berfoto, terdapat juga perahu khusus untuk para pengunjung yang ingin naik.

6. Ranto Canyon

(sumber: datawisata.com)

Di bagian selatan Brebes ada tempat petualangan wsiata dengan pemandangan yang sangat bagus. Tempat ini disebut Ranto Canyon, yang merupakan sungai yang memiliki tebing tinggi dan terjal. Bagi Anda yang tidak suka ketinggian, tidak disarankan untuk melakukan tur ke Ranto Canyon. Jika Anda mengunjungi Ranto Canyon, Anda bisa melakukan aktivitas seperti berenang, menyelam di tebing dan bodyrafting dengan trek sepanjang 750 meter.

7. Agrowisata Besaran

(sumber: wisatatempatku.com)

Tempat wisata terakhir di Brebes yang bisa anda kunjungi adalah Agrowisata Besaran. Lokasi berada di Jatibarang Lor, Jatibarang, Kabupaten Brebes. Dengan biaya masuk yang murah, hanya Rp 3000, Anda dan keluarga dapat bersenang-senang menikmati fasilitas seperti kereta wisata, kolam terapi ikan, flying fox, kolam renang, dan kapal ontel.

Nah, itulah 7 rekomendasi tempat wisata di Brebes yang menarik. Semoga dapat membantu anda yang ingin berwisata ke daerah Brebes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *