7 Oleh-Oleh Makanan Ringan Khas Solo

Posted on

Kota Solo adalah tempat yang unik dengan warisan budaya yang kaya dan keramahan orang-orangnya. Selain itu, Solo juga menjadi sebuah kota yang menarik untuk dikunjungi karena penuh dengan pusat perbelanjaan, berbagai penawaran kuliner dan festival lokal yang membuat siapa pun melihatnya terkesan.

Dan jangan lupa juga makanan ringan khas Solo yang sangat terkenal dan bisa dijadikan oleh-oleh berikut.

1. Serundeng

Sebagai makanan pelengkap yang memiliki rasa gurih, Serundeng Solo menjadi makanan wajib. Terbuat dari bahan utama kelapa parut yang dicampur dengan rempah-rempah, ia memiliki rasa yang khas. Kemudian digoreng tanpa menggunakan setetes minyak sampai berubah warna. Aroma harumnya sangat menggiurkan dan harganya pun sangat terjangkau.

2. Rambak Petis

Tidak seperti kue, rambak adalah makanan ringan yang tahan lama dan sangat cocok untuk disantap kapan saja. Rasa gurih dan renyahnya sangat disukai oleh banyak orang.

Keunikan Rambak petis ini terbuat dari kerbau kering atau kulit sapi kemudian digoreng hingga menjadi sepon. Di Solo, Rambak petis disajikan dengan kecap pedas. Dan Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk paket kecil dan besar yang bisa disesuaikan dengan harga.

3. Brem

Oleh-oleh makanan ringan khas solo selanjutnya adalah Brem. Ciri khas Brem adalah bentuknya yang bulat dan padat. Meskipun keduanya terbuat dari fermentasi tape, dengan rasa asam, Solo Brem lebih unggul daripada Brem lainnya. Hanya Brem yang dapat ditemukan di pusat kota yang tersedia dalam paket kecil dan besar dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Intip

Oleh-oleh makanan ringan solo ini cukup sederhana yaitu nasi kering yang kemudian digoreng dengan minyak panas ini sangat diminati oleh wisatawan. Intip khas solo berbeda dari yang lain karena memiliki rasa yang lebih enak sebab menggunakan bumbu khusus.

Untuk menambah rasanya biasanya intip dan disiram dengan bumbuh tambahan yang menambah camilan ini lebih lezat. Intip sendiri ada dua varian rasa yaitu, asin dan manis. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini sangat mudah karena dijual tersebar di pusat kota.

5. Ampyang

Camilan ini terbuat dari gula merah dan kacang sangat cocok untuk oleh-oleh anggota keluarga dan dibawa ke rumah. Rasanya tentu saja sangat manis seperti cokelat kacang.

Dengan bentuknya yang menggoda membuat kue ini memiliki keunikan tersendiri. Menemukan penjual ampyang ini sangat mudah dengan harga yang sangat murah.

6. Serabi

Saat memasuki pasar klewer, akan ada banyak jenis kue khas Solo yang banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Selain harganya yang sangat murah, citarasa tradisional adalah salah satu yang membuatnya unik.

Kue yang terbuat dari tepung beras dan santan ini diproses dengan mencampur bahan-bahan dalam satu. Pembuatannya hanya dituangkan ke dalam cetakan dan kemudian dibakar dengan oven. Ada beberapa varian yang bisa dicicipi, seperti rasa pisang, keju, dan varian asli.

7. Roti Kecik Ganep

Roti kecik yang sangat kecil adalah roti khas Solo yang menggunakan bahan utama tepung beras ketan. Rasanya sangat enak, yang merupakan kombinasi rasa manis dan gurih.

Makanan ini sangat lezat jika disajikan dengan segelas kopi atau teh panas. Dari segi ukuran dan harga, bisa disesuaikan dengan minat pengunjung yang akan dibawa untuk oleh-oleh.

Itulah beberapa oleh-oleh makanan ringan khas Solo. Jika Anda berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk membawa makanan ringan tradisonal di atas sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *