Museum Nasional

7 Museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Jakarta adalah kota metropolitan yang memiliki penduduk terpadat di Indonesia. Ibu kota Indonesia ini ternyata memiliki berbagai macam obyek wisata atau tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, termasuk museum-museum yang ada di Jakarta. Ada banyak museum yang menarik untuk dikunjungi, semuanya menawarkan koleksi benda-benda unik yang akan menambah pengetahuan anda. Selain itu, museum-museum di Jakarta ini bisa dijadikan alternatif liburan yang murah karena anda hanya perlu merogoh kocek untuk biaya masuk.

Nah, apa sajakah museum-museum tersebut, berikut adalah 7 museum di Jakarta yang Wajib Dikunjungi.

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta. Bangunan ini dulunya adalah balai kota pada masa Kolonial Belanda.

Terletak di Kota Tua, bangunan ini dibangun pada 1710 sebagai balai kota ini yang dulu bernama Batavia. Museum ini menyajikan sejarah Jakarta mulai dari benda-benda dari periode prasejarah, berdirinya Jayakarta pada 1527, dan masa penjajahan Belanda dari abad ke-16 hingga Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

2. Monumen Nasional

Monumen Nasional

Sebagai simbol kota Jakarta, menara ini juga berfungsi sebagai museum. Bagian atas adalah bagian observasi. Di ruang bawah tanah, ada 30 lebih diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia.

Sebuah lift di sisi selatan membawa pengunjung ke bagian observasi dengan ketinggian 115 meter di atas permukaan tanah. Kapasitas lift sekitar 11 orang. Bagian atas dapat menampung sekitar 50 orang. Ada juga tangga untuk digunakan dalam keadaan darurat. Ketinggian total monumen ini adalah 132 meter.

3. Museum Nasional

Museum Nasional

Museum ini terletak tepat di seberang Monas. Museum ini menyajikan koleksi artefak, patung, lukisan, dan benda-benda bersejarah lain yang berkaitan dengan sejarah dan budaya di seluruh Indonesia. Museum ini memiliki koleksi 61.600 artefak prasejarah dan antropologis, dan 5.000 artefak arkeologi dari seluruh Indonesia dan Asia. Koleksi museum ini termasuk yang terkaya, terlengkap, dan terbaik di Indonesia dan merupakan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

4. Museum Seni Rupa & Keramik

Museum Seni Rupa & Keramik

Seperti namanya, museum ini adalah rumah bagi karya-karya seni lukisan, benda keramik, patung, dan seni rupa lainnya. Bertempat di bekas pengadilan, sehingga memiliki arsitektur yang unik dan taman yang indah. Terdapat berbagai macam kerajinan tangan tradisional khas Indonesia hingga lukisan karya pelukis-pelukis terkenal seperti Raden Saleh dan Affandi. Di museum ini juga terdapat tempat khusus yang terbuka untuk pengunjung yang ingin mencoba membuat kerajinan tembikar (dengan biaya tambahan).

5. Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri

Museum ini terletak dekat dengan stasiun bus Jakarta Kota dan Stasiun Kereta Jakarta Kota. Museum ini menyajikan koleksi Bank Mandiri yang berkaitan dengan kegiatan perbankan masa lalu dan perkembangannya. Terdapat banyak benda-benda kuno yang digunakan sebagai alat perbankan pada jaman dulu termasuk mesin hitung uang, kalkulator, mesin akunting, mesin cetak, brankas, alat-alat keamanan, hingga koleksi uang kuno.

6. Museum Wayang

Museum Wayang

Museum ini menyajikan koleksi Wayang dari seluruh dunia, termasuk Wayang kulit (terbuat dari kulit) dan Wayang golek (terbuat dari kayu). Gagasan membangun Museum Wayang dimulai ketika H. Ali Sadikin, gubernur DKI Jakarta, menghadiri pertemuan Wayang pada 1974. Dengan dukungan panitia pertemuan Wayang, pecinta wayang, dan gubernur DKI Jakarta, Museum Wayang kemudian didirikan.

7. Museum MACAN

Museum MACAN

Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara, atau lebih dikenal sebagai Museum MACAN, adalah museum seni di Jakarta. Didedikasikan untuk seni modern internasional, Museum Macan menyajikan koleksi seni modern dan kontemporer yang keren dan unik. Museum ini cukup digemari anak muda dan sering menjadi tempat berfoto-foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *