ResepKoki

7 Makanan Khas Semarang yang Lezat

Posted on

Di Semarang terdapat berbagai macam makanan yang unik. Sebagian makanan-makanan khas semarang memiliki latar belakang yang unik hingga akhirnya menjadi makanan khas Semarang yang terkenal. Jika anda berkunjung ke Semarang, anda bisa dengan mudah menemukan kuliner-kuliner berikut karena banyak dijual di warung makan / restoran di pinggiran jalan.

Berikut ini adalah makanan-makanan khas Semarang yang wajib anda coba.

1. Bandeng Presto

Vemale.com

Bandeng Presto adalah olahan dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara dipresto, hal inilah yang membuat makanan ini unik. Bandeng Presto memiliki daging yang empuk dan halus, selain itu durinya juga menjadi empuk sehingga lebih mudah dalam mengkonsumsinya. Aroma daun salam, kunir, dan ketumbar bakar membuatnya semakin sedap.

2. Lumpia Semarang

ResepKoki

Lumpia adalah makanan yang berasal dari Tionghoa. Lumpia Semarang merupakan salah satu jenis lumpia yang paling terkenal di Indonesia, dilengkapi dengan tambahan bambu yang gurih, ayam, udang, dan telur menjadikan Lumpia Semarang memiliki rasa yang paling enak.

3. Tahu Gimbal

cookpad.com

Bagi anda pecinta tahu, cobalah Tahu Gimbal yang manis dan pedas ini. Hidangan khas Semarang yang satu ini terdiri dari potongan tahu goreng, kue beras yang dikompresi, gimbal (udang yang digoreng), telur, dan kacang polong. Tak lupa ditaburi kacang goreng dan seledri. Yang membuatnya khas dan nikmat adalah sambal kacang pedasnya yang segar.

4. Tahu Pong

Tribunnews.com

Tahu Pong adalah hidangan tahu yang cocok untuk dinikmati di sore hari. Tahu goreng ini dinamakan tahu pong karena tidak berarti alias “pong”. Namun rasanya renyah dan gurih. Biasanya disajikan disertai dengan cabai, acar lobak dan saus petis. Rasa asin, manis, asam, dan pedas

5. Nasi Ayam Semarang

Travelingyuk.com

Jika Yogyakarta memiliki Nasi Liwet, Semarang selalu memiliki Nasi Ayam. Makanan khas ini dapat dengan mudah ditemukan di seluruh sudut kota Semarang ketika malam tiba. Nasi yang dikukus dengan saus ayam kuning yang diberi nama kuah opor ayam dan disajikan dengan lauk tambahan seperti daging ayam, suwir ayam, dan sate manis.

6. Babat Gongso

TribunStyle.com

Hidangan daging coklat kemerahan yang disukai oleh sebagian besar dari masyarakat Semarang ini berupa jeroan sapi yang dimasak. Usus dipotong atau dibabat dan direbus dengan kecap manis dan bumbu sedap seperti daun salam, lengkuas, dan serai.

7. Mie Kopyok

Qudapan

Mie ini adalah mie yang bahan utamanya mie lalu diberi tambahan tetelan daging, tahu, dan kerupuk gendar. Selain itu, mie kopyok juga diberi irisan lontong. Untuk proses pembuatnya sama seperti mie lainnya yaitu cukup dicelupkan dengan air mendidih bersama kecambah. Kemudian bahan-bahan sebelumnya dicampur dalam sebuah mangkok sehingga terciptalah mie kopyok.

Nah itulah kuliner-kuliner khas Semarang, semuanya memang terlihat lezat dan membuat perut kosong. Jika anda tak sabar untuk mencicipinya silahkan datang langsung ke Surabaya, anda akan banyak menemukannya di pinggiran jalan dengan harga yang terjangkau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *