sumber: kompas.com

7 Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Anda Coba

Posted on

Mencicipi makanan khas daerah merupakan hal yang wajib jika anda berwisata ke suatu daerah, terutam di provinsi Jawa Tengah, yang tidak hanya memiliki tempat-tempat wisata menarik tetapi juga makanan khas daerah yang lezat.

Makanan-makanan di bawah ini merupakan makanan khas Jawa Tengah yang banyak disukai para wisatawan, jika anda berkunjung ke kota-kota di Jawa Tengah, jangan lupa untuk merasakan beberapa makanan khasnya berikut.

1. Sate Klathak

Sepiring Sate Klathak khas Jogja

Sate Klathak adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Yogyakarta. Pada dasarnya Sate Klathak adalah sate kambing, yang membedakan sate ini dengan sate kambing lainnya adalah cara memasaknya yang tusukan satenya terbuat dari jeruji besi (roda sepeda) serta membumbiunya hanya berupa garam, tanpa tambahan kecap, bumbu kacang, atau sebagainya. Namun jangan salah, penggunaan jeruji besi membuat bumbunya lebih meresap. Sate Klathak juga ditemani kuah khusus yang membuat rasa satenya sangat lezat.

2. Nasi Gandul

Nasi Gandul: Makanan khas Jawa Tengah dari Pati

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya adalah Nasi Gandul yang berasal dari Pati. Nasi Gandul mirip seperti nasi uduk, namun dengan tambahan kuah segar, bumbu, lauk daging sapi, serta penyajiannya menggunakan daun pisang. Rasanya lebih gurih dan bumbunya lebih terasa dibanding nasi uduk biasa.

Selain itu, aroma daun pandannya menambah kenikmatan Nasi Gandul. Makanan ini cocok disantap saat masih hangat.

3. Gudeg

Gudeg: Makanan khas Yogyakarta, Jawa Tengah

Satu lagi makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Yogyakarta, yaitu Gudeg. Tentu anda pernah mendengar makanan yang satu ini. Makanan ini terbuat dari nangka muda, gula merah, dan santan yang direbus selama berjam-jam dalam sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat. Gudeg biasa disantap bersama nasi, daging ayam, telur, tahu, tempe, dan lain-lain. Gudeg akan terasa lebih lezat jika disajikan menggunakan daun pisang.

4. Brekecek

Brekecek: Makanan khas Cilacap, Jawa Tengah

Brekecek adalah makanan yang satu ini berasal dari daerah Cilacap. Makanan ini berbahan dasar ikan pathuk atau ikan jahan. Namun, ada juga Brekecek yang bahan dasarnya kepala ikan laut atau hewan menthok atau basur. Makanan ini dinamai Brekecek yang merupakan berasal dari dua kata, yaitu Brek dan Kecek. Artinya Brek adalah dijatuhkan atau diletakkan, sedangkan Kecek berarti dikecek atau dicampur dengan bumbu.

Makanan ikan yang satu ini wajib anda coba jika berkunjung ke daerah Cilacap, daging ikan yang empuk dan bumbu yang lezatnya akan membuat anda ketagihan.

5. Nasi Grombyang

Semangkuk Nasi Grombyang khas Pemalang

Nasi Grombyang atau Grombyang adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Pemalang, memiliki nama tersebut karena makanan ini memiliki kuah yang banyak. Mungkin terdengar seperti soto, namun makanan ini tidak menggunakan sayur.

Selain kuahnya yang terbuat dari bumbu khusus, makanan ini terdiri dari nasi dan daging kerbau.  Tidak hanya daging kerbaunya dimasukkan ke dalam mangkunk, tetapi juga terdapat sate daging kerbu yang disajikan dalam piring terpisah.

6. Garang Asem

Makanan khas Jawa Tengah Garang Asem

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya adalah Garang Asem, seperti namanya makanan ini memiliki rasa yang asam, terutama kuahnya. Tidak hanya asam, tetapi juga gurih. Garang Asem yang terbuat dari daging ayam yang dibungkus daun pisang dan dimasak bersama santan ini biasa disajikan dengan menu pendamping lainnya seperti tempe greng, perkedel, atau ayam asam manis.

7. Oseng-Oseng Mercon

Oseng-Oseng Mercon, makanan super pedas dari Jawa Tengah

Saat mendengar namanya, sebagian orang pasti bisa menebak makanan ini. Ya, Oseng-Oseng Mercon adalah makanan yang pedas. Sama seperti oseng-oseng pada umumnya, yang membedakan adalah bumbunya yang menggunakan bumbu super pedas yang dapat membuat lidah meledak seperti mercon. Dari tampilannya pun sudah sangat terlihat. Bagi anda pencinta makanan pedas, wajib mencoba Oseng-Oseng Mercon ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *