(sumber: grid.id)

7 Makanan Khas Daerah Bengkulu yang Harus Anda Coba

Posted on

Setiap kota atau daerah memiliki makanan khasnya tersendiri yang unik dan patut dicoba, termasuk Bengkulu. Selainmemiliki objek wisata menarik. Selain itu, Bengkulu juga memiliki keanekaragaman kuliner yang sangat menarik. Bagi Anda yang tidak tahu makanan khas Bengkulu, berikut adalah makanan khas bengkulu yang harus Anda coba:

1. Tempoyak Ikan Patin

(sumber: belanga.id)

Tempoyak adalah makanan yang yang diolah dari buah Durian. Aroma durian mungkin tidak disukai sebagian orang tetapi ketika sudah diproses, makanan ini menjadi makanan yang begitu enak untuk disantap. Tempoyak mudah ditemukan di Pulau Sumatra selain Bengkulu, Tempoyak juga mudah ditemukan di Jambi dan di Sumatra selatan (Palembang), karena tempoyak dibuat oleh orang melayu. Di Bengkulu, tempoyak juga menjadi masakan khas yaitu Tempoyak Ikan Patin.

2. Gulai Kemba’ang

(sumber: grid.id)

Makanan khas Bengkulu selanjutnya adalah Gulai Kemba’ang. Makanan ini sangat istimewa karena kuliner gulai selalu hadir di bulan ramadhan dan lebaran. Gulai Kemba’ang adalah makanan yang biasanya dimakan saat Ramadhan saat Anda ingin berbuka puasa. Makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan bisa meningkatkannya. Hidangan yang dibuat dari iga sapi yang dicampur dengan bumbu khas Bengkulu. Rasa yang begitu enak untuk dimakan membuat makanan ini selalu diburu saat Ramadhan.

3. Bagar Hiu

(sumber: edinasari.blogspot.com)

Masakan khas lainnya dari kota Bengkulu adalah Hiu Bagar, yang merupakan makanan yang terbuat dari hiu punai. Makanan ini juga merupakan makanan favorit masyarakat kota Bengkulu. Hiu bagar dimasak dengan saus santan untuk membuatnya enak untuk dimakan. Daging hiu yang menghukum tidak terlalu mencurigakan karena jenis hiu ini dipilih dan memiliki kulit yang halus.

4. Kue Tat

(sumber: pesona.travel)

Makanan ini adalah makanan berbentuk kue yaitu Kue Tat, yang merupakan makanan yang harus Anda coba karena makanan ini cukup unik. Membuat kue ini membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam penggunaan bahan. Kue tat ini sering ditemukan ketika ada pesta-pesta penting seperti lebaran. Kue yang memiliki bentuk yang sangat menarik, yang dibuat dengan kreativitas untuk membentuknya, membuat kue ini sangat diinginkan oleh para wisatawan kuliner. Kue tat kadang dimakan atau ditemani nanas dan kelapa parut ditambah gula merah, yang memberikan rasa manis. Bagi pecinta kue, sangat cocok untuk dicoba. Bahan dasarnya terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, gula, dan telur.

5. Rebung Asam Undak Liling

(sumber: pedomanbengkulu.com)

Makanan khas daerah Bengkulu selanjutnya adalah Rebung Asam Udak Liling, makanan yang terbuat dari bambu. Ini mungkin terdengar aneh karena bambu biasanya tidak untuk dimakan. Makanan dari bumbu atau yang lebih dikenal dengan nama Rebung, merupakan makanan bambu muda karena bambu muda sangat lembut, berbeda dari bambu tua yang kita kenal. Makanan bambu muda sangat terkenal dan dikenal di kota Bengkulu yang harus Anda coba. Makanan ini disiapkan dengan merendam rebung selama beberapa hari sehingga rebung menjadi lunak. Setelah melalui proses perendaman, rebung mulai dan kemudian ditambahkan, yang merupakan sejenis siput beras hitam.

6. Pendap

(sumber: ksmtour.com)

Makanan lain yang berasal dari kota Bengkulu adalah Pendap, yang juga merupakan makanan terkenal dan populer untuk kota Bengkulu. Untuk membuatnya lebih mudah dan sederhana, gunakan ikan yang dicampur dengan bahan utama, seperti bawang putih, kencur, cabai bubuk dan kelapa muda yang kemudian dimasak dalam daun talas yang telah digulung.

7. Lepek Binti

(sumber: budaya.co)

Makanan khas daerah Bengkulu selanjutnya adalah Lepek Binti. Ini adalah makanan favorit masyarakat kota Bengkulu dan sering ditemukan saat bulan Ramadhan, karena cocok digunakan untuk berbuka puasa. Pembuatan Lepek Binti dipanaskan dalam bungkus daun pisang. Yang berisi tepung ketan, garam, dan bagian dalamnya diisi dengan daging giling yang dicampur dengan bumbu berupa santan, lengkuas dan daun salam.

Itulah 7 makanan khas daerah Bengkulu, semoga dapat menjadi referensi anda yang sedang berkunjung ke Bengkulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *