KSMTour.com

6 Kuliner Lezat di Kota Surabaya

Posted on

Pada kali ini TravelAksi mengulas kekayaan kuliner yang dimiliki kota Surabaya. Kota ini memiliki berbagai macam makanan dengan rasa yang berbeda dari kota-kota lain. Tersedia berbagai macam kuliner yang lezat di Surabaya, mulai dari sate Klopo, Nasi Goreng Jancuk, Krawu, dan lain-lain. Semuanya tersedia dalam berbagai macam porsi dan harga. Cocok untuk disantap siapa saja baik bersama-sama ataupun sendiri.

Berikut ini adalah 6 Kuliner Lezat di Kota Surabaya.

1. Sate Klopo

cookpad.com

Seperti sate-sate lainnya, sate klopo terbuat dari daging dan santan kelapa ketimbang dibikin sate tahu. Bedanya, Sate Klopo juga mencampur jeroan dan lemak sapi. Selain itu, sate ini akan ditutup dengan parutan kelapa sebelum dibakar.

Anda dapat menemukan banyak pedagang asongan Sate Klopo di Surabaya, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah warung Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih terletak di Jalan Mayor Mustajab No.36, Surabaya. Untuk mencicipi sate ini Anda perlu sedikit kesabaran. Karena meski terlihat simpel, warung singgasana klopo yang satu ini tidak pernah sepi dari pelanggan.

2. Nasi Goreng Jancuk

KSMTour.com

Saat berkunjung ke Surabaya, Jancuk Fried adalah salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan. Nasi goreng terkenal dengan porsi yang luar biasa dan rasa pedasnya yang maksimal. Kuliner cocok untuk Anda yang suka makanan pedas. Ada pilihan menu satu porsi nasi goreng bisa dinikmati untuk 4 hingga 5 orang.

3. Soto Lamongan

Soto Lamongan

Meski bukan makanan asli Surabaya, Soto Lamongan terkenal di Surabaya dan sudah menjadi bagian dari konsumsi masyarakat Surabaya setiap hari. Berbeda dengan soto-soto di Jawa Tengah yang biasanya kaldu bening, Soto Lamongan sebenarnya dimasak dengan santan yang rasanya lebih gurih dan lembut. Salah satu yang paling terkenal adalah Soto Lamongan Cak Har di Jalan Ir. Sukarno, Surabaya.

4. Krawu

idntimes.com

Sayang sekali jika Anda datang ke Surabaya tanpa mencicipi Krawu ini. Berasal dari Gresik, nasi krawu adalah perpaduan nasi pulen putih dengan rebusan daging sapi, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi.

Nasi krawu pas saat dimakan saat sarapan. Beras putih hangat dicampur dengan berbagai lauk yang dibumbui gurih tentu akan memuaskan lidah dan perut. Saat berkunjung ke Surabaya jangan lupa unutk mencicipi kuliner yang satu ini.

5. Warung Bebek Tugu Pahlawan

Surabaya Adventure

Menu bisa sama, tapi soal selera pasti berbeda.

Jangan lupa untuk mencoba Warung Bebek di Tugu Pahlawan jika anda bepergian ke Surabaya.

Anda arek asli Suroboyo pasti sudah tahu tempat ini. Lokasinya tepat di seberang Tugu Pahlawan dan hanya tenda-tenda saja. Namun, meski sederhana, warung mulai buka mulai jam 6 sore selalu ramai. Seringkali pengunjung atau pembeli harus rela mengantre agar mendapat porsi nasi dengan saus bebek yang hangat mantap.

6. Rawon Setan

cookpad.com

Rawon adalah makanan khas di Jawa Timur, sejenis sup tapi hitam pekat. Warna hitam berasal dari bumbu yang disebut kluwak. Rawon biasanya menggunakan daging sapi yang telah dipotong, dan sering ditambahkan ke campuran jeroan sapi atau kikil.

Di Surabaya sendiri, kuliner rawon sudah menjadi buruan wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah Rawon Setan untuk potongan daging sapi berukuran besar dan tekstur lembut saat digigit.

Itulah kuliner masakan-masakan lezat khas Surabaya, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati makanan-makanan di atas. Jika berkunjung ke Surabaya, sempatkanlah untuk mencicipi satu atau dua kuliner di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *