5 Tips Liburan Bersama Keluarga agar Lebih Menyenangkan

Posted on

Liburan bersama keluarga sudah seharusnya menjadi kebutuhan yang harus selalu dipenuhi setidaknya beberapa bulan sekali agar keharmonisan keluarga selalu terjalin. Namun, kadang hal-hal tersebut terasa merepotkan karena membutuhkan persiapan dan juga uang yang cukup banyak. Maka dari itu, anda perlu mengikuti tips di bawah ini agar liburan anda bersama keluarga terasa lebih menyenangkan.

1. Lakukan persiapan jauh-jauh hari

Jikan anda akan berlibur ada baiknya anda memperisapkannya jauh-jauh hari, paling tidak sebulan sebelumnya. Kenapa harus mempersiapkan jauh-jauh hari? Karena dengan begitu anda bisa memiliki waktu yang cukup untuk berkomunikasi dengan keluarga tentang liburan, seperti budget yang disiapkan, tujuan wisata yang akan dikunjungi, tempat menginap, transportasi, dan sebagainya. Selain itu dengan membuat perisapan jauh-jauh hari akan membuat anda lebih mudah mengatur cuti di tempat kerja atau menyesuaikan dengan pekerjaan anda. Sehingga anda bisa bersenang-senang dengan keluarga sepenuhnya.

2. Persiapkan kebutuhan anak

Anak merupakan hal yang paling penting saat liburan sekeluarga, karena tanpa anak liburan jadi kurang seru, walau kadang mereka juga sering rewel. Untuk itu anda perlu memperisapkan kebutuhan anak anda. Terutama kebutuhan biologis seperti lapar, mengantuk, atau ingin buang air, dan lain-lain. Untuk itu, anda perlu mempersiapkan kebutuhan anda sehingga liburan tidak dipenuhi dengan tangisan si Kecil. Simpan susu di tas yang mudah terjangkau, persiapkan makanan atau camilan, memastikan ia beristirahat dengan cukup, atau menanyakan apakah ia ingin ke toliet, dan sebagainya.

3. Selalu membawa uang tunai

Di jaman sekarang membuat melakukan pembayaran menjadi lebih mudah dan tanpa harus membawa dompet tebal. Walaupun begitu, anda harus tetap membawa uang tunai saat akan liburan. Karena tidak semua tempat yang anda kunjungi menyediakn pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit. Selain itu dengan membawa uang tunai akan mempermudah mengatur pengeluaraan anda karena pengeluaran lebih mudah dilihat dan dihitung, sehingga anda bisa berpikir dua kali sebelum menghabiskan uang tunai tersebut.

4. Pilih akomodasi yang tepat

Akomodasi atau tempat menginap tentu berbeda saat anda menginap sendiri, bersama teman, atau dengan keluarga. Untuk itu anda perlu memilih penginapan yang cocok atau menunjuang kebutuhan keluarga. Misalnya memilih hotel dengan kamar yang luas, atau memilih hotel dengan fasilitas kolam renang yang biasanya disukai anak-anak. Dengan memilih penginapan akan membuat liburan anda semakin seru, karena selain menjadi tempat beristirahat penginapan juga bisa menjadi liburan tersendiri.

5. Berikan kejutan pada anak

Sesekali berikanlah hadiah kecil kepada anak jika ia dapat bersikap baik saat liburan atau saat perjalanan. Anda dapat memberikannya makanan atau mainan. Namun biasanya anak kecil akan lebih suka mainan, untuk itu anda dapat mampir ke toko souvenir dan membelikan anak souvenir yang ia sukai. Hal ini akan menciptakan kenangan yang indah untuk si kecil. Namun jangan terlalu sering, karena jika terlalu sering, anda menjadi terlalu berharap pada si kecil dan hadiah anda menjadi kurang berarti.

Itulah tips liburan bersama keluarga agar lebih menyenangkan, tentu saja kadang banyak hal-hal yang tidak sesuai rencana namun saat liburan janganlah terlalu mengikuti rencanan karena hal tersebut justru dapat membuat liburan menjadi kurang menyenangkan. Jika hal tersebut terjadi, segeralah lupakan dan fokus untuk menikmati apa yang akan anda lakaukan selanjutnya. Dan satu lagi, jangan lupa mengabadikan momen-momen liburan bersama keluarga anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *