5 Tempat untuk Menghabiskan Malam Akhir Tahun di Yogyakarta

Posted on

Menikmati liburan Tahun Baru di Yogyakarta adalah ide yang sangat tepat. Karena Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia, termasuk juga untuk mengisi liburan akhir tahun bersama orang-orang terdekat. Yogyakarta menawarkan semua jenis wisata, dari wisata kota ke wisata alam yang sempurna untuk liburan akhir tahun Anda.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan Tahun Barunya di Yogyakarta, kami telah meringkas tempat-tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan liburan Tahun Baru di Yogyakarta, simak ulasannya berikut.

1. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran adalah gunung berapi purba di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung ini memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Gunung berapi Nglanggeran lama tidak lagi menjadi gunung berapi aktif, karena telah “tertidur” selama 60 hingga 70 juta tahun.

Gunung ini sangat cocok untuk mereka yang ingin menikmati liburan Tahun Baru di Yogyakarta. Puncaknya tidak terlalu tinggi, sehingga tidak perlu membawa peralatan untuk mendaki gunung. Anda hanya perlu membawa tenda, kantong tidur dan makanan yang cukup untuk menghabiskan malam. Anda akan bida melihat pemandangan indah kembang api kota Yogyakarta dari atas di temani alam yang indah.

2. Bukit Bintang

Hampir semua kota di Indonesia memiliki wilayah bukit bintang, termasuk juga di Yogyakarta. Bukit Bintang di Yogyakarta berada di Jalan Raya Jogja – Wonosari km 16 dan tidak begitu jauh dari pusat kota Yogyakarta, yang hanya berjarak 30 menit.

Tidak sulit menemukan Bukit Bintang di Yogyakarta karena terletak tepat di tepi jalan. Bukit Bintang terletak di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, sehingga Anda dapat dengan jelas melihat kota Yogyakarta yang cerah, yang didekorasi dengan lampu Tahun Baru dan kembang api.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 masehi, adalah kawasan candi Hindu terbesar di Indonesia. Kompleks candi ini terletak di 2 kabupaten yang berbeda, yaitu Sleman dan Klaten. Kompleks candi ini berjarak 17 km dari pusat kota Yogyakarta. Kuil ini juga termasuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadikannya daya tarik bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Pada Malam Tahun Baru, kompleks candi Prambanan akan menyiapkan panggung hiburan yang penuh dengan seni tradisional dan musik live. Kompleks candi Prambanan juga akan menyiapkan ratusan kembang api dan lentera yang akan menghiasi Malam Tahun Baru di Yogyakarta.

4. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah salah satu candi yang harus Anda kunjungi di Yogyakarta. Candi ini terletak 18 km sebelah timur kota Yogyakarta dan 3 km selatan kompleks candi Prambanan. Kuil ini terletak di daerah pegunungan, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena taman wisata ini berada tepat di depan pintu masuk dan tidak jauh dari kuil.

Pada 2015, Candi Ratu Boko merayakan banyak peristiwa. Diperkirakan ada lebih dari 1.000 pengunjung yang akan menghadiri Malam Tahun Baru di Candi Ratu Boko. Untuk mendorong perubahan tahun ini, Candi Ratu Boko akan mengadakan pertunjukan artistik tradisional, seperti Cokekan, Gejog Lesung, Srandul, Angklung Jalanan dan Live Acoustic Band.

5. Tugu Yogyakarta dan Malioboro

Salah satu tempat terbaik di kota Yogyakarta untuk menikmati Malam Tahun Baru adalah di wilayah Tugu Yogyakarta dan Malioboro. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kawasan Tugu Yogyakarta akan dipenuhi oleh ribuan orang yang ingin menyaksikan pesta kembang api Malam Tahun Baru.

Sama halnya dengan Malioboro. Malioboro akan terus menjadi salah satu tempat yang akan menarik orang untuk menyaksikan Malam Tahun Baru. Jika Anda ingin menikmati pesta kembang api di Malioboro, disarankan untuk tidak membawa kendaraan pribadi, area Malioboro akan disterilkan kendaraan pada Malam Tahun Baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *