sumber: njogja.co.id

5 Tempat Makan Soto Terlezat di Jogja

Posted on

Masakan Indonesia selalu identik dengan bumbu yang berlimpah. Termasuk kuliner yang satu ini. Soto adalah makanan khas Indonesia dengan berbagai rasa, daerah yang berbeda, sehingga rasanya bervariasi, tetapi semuanya sama-sama lezat.

Soto-soto di Jogja memiliki keunikannya tersendiri, mulai dari bentuk dan tampilannya. Untuk mencicipi soto-soto di Jogja, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, tidak hanya harga porsi sotonya yang murah tetapi juga tempat penjual sotonya mudah ditemui.

1. Soto Bathok Mbah Katro

sumber: ksmtour.com

Di dekat lokasi Candi Sambisari, ada kompleks saung bambu yang menonjol di antara sawah. Di tempat itu kita bisa menikmati kelezatan Soto Bathok Mbah Katro. Jauh dari kebisingan kota, didukung oleh suasana pedesaan yang indah, akan membuat suasana masakan Soto Bathok Mbah Katro menjadi lebih nikmat. Sesuai namanya, Soto Bathok Mbah Katro disajikan dalam wadah yang terbuat dari batok kelapa.

Alamat: Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55571

2. Soto Ayam 61

sumber: gudeg.net

Tempat makan soto di Jogja selanjutnya adalah Soto Ayam 61. Jika Anda berjalan di kawasan Malioboro, tidak ada salahnya berhenti di sini. Dengan hanya 12 ribu, Anda dapat menikmati hidangan Soto Ayam yang lezat. Sebagai pelengkap, Soto juga bisa ditambah sate dan telur kecap dari harga per sajian. Lokasi Soto Ayam 61 berada di Jalan Ahmad Yani No. 61.

Alamat: Jl. Ahmad Yani No.61, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

3. Soto Pak Marto Tamansari

sumber: traveltodayindonesia.com

Tempat makan soto lainnya di Jogja yang sudah tidak asing lagi di kalangan pemburu kuliner yaitu Soto Pak Marto Taman Sari yang terletak 200 meter barat dari lampu lalu lintas. Soto Pak Marto Tamansari tidak pernah sepi dari pengunjung. Yang menjadikan Soto yang didirikan oleh Pak Martodimedjo pada tahun 1960 adalah usus sapi, yang dibumbui dengan manis seperti bacem.

Alamat: Alamat: Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55262

4. Soto Kadipiro

sumber: njogja.co.id

Soto Kadipiro adalah soto yang sangat legendaris di Yogyakarta. Bagaimana tidak, warung Soto ini telah dibuka sejak 1921 yang sudah dijalankan hingga beberapa generasi. Jika dilihat sekilas, soto ayam di sini terlihat seperti soto ayam biasa. Namun, begitu dicicipi, Anda pasti akan ketagihan. Rasa Soto di sini sangat lezat dan khas seperti soto homemade. Sambil menikmati soto  ayam yang lezat, Anda dapat memesan Limun Sarsaparilla, yang merupakan minuman bersoda yang hanya ada di Yogyakarta. Warung Kadipiro Soto terletak di Jalan Wates, Yogyakarta.

Alamat: Jl. Janti, Modalan, Banguntapan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

5. Soto Ayam Pak Gareng

sumber: flickr.com

Tahukah Anda apa yang membuat Soto Ayam Pak Gareng berbeda dari soto lainnya? Perbedaannya terletak pada potongan-potongan lenthok yang ditemukan dalam soto ini. Lenthok adalah jenis kue yang terbuat dari gaplek. Sambil menikmati soto ini, bisa ditambahkan dengan sate puyuh atau ampela sati yang tersedia di meja pengunjung. Kunjungi Soto Ayam Pak Gareng ini di Jalan Hayam Wuruk, Danurejan, Yogyakarta.

Alamat: Jl. Hayam Wuruk, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *