sumber: hepi-wulandari.blogspot.com

5 Tempat Makan Sate Paling Enak dan Populer di Jogja

Posted on

Sate adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari potongan daging yang ditusuk dengan lidi, disajikan dengan mumbu khas kacang dan rempah-rempah lainnya, lalu dibakar menggunakan bara arang.

Jika Anda ingin berburu sate di Jogja, tetapi bingung mencari tempat yang benar-benar enak? Berikut ini adalah beberapa warung/kedai sate di Jogja yang paling lezat dan populer.

1. Sate Klathak Pak Pong

sumber: limakaki.com

Sate ini berbeda dari sate lainnya. Mereka yang baru saja mengunjungi Jogja, tentu saja nama sate klathak terdengar aneh. Sate Klathak adalah sate kambing, yang membedakannya adalah ditusuk jari-jari roda sepeda. Selain itu, sate ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan sate kambing pada umumnya.

Sate Klathak dari Pak Pong menggunakan besi sehingga daging sate dapat dimasak secara merata.  Bumbu yang digunakan memiliki cita rasa yang khas yang membuat sate semakin mantap.

Alamat: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

2. Sate Kambing Pak Syamsuri

sumber: hepi-wulandari.blogspot.com

Sate Kambing Pak Syamsuri terletak di jalan lingkar utara, tepatnya di Jalan Solo. Pembeli yang datang ke warung Sate Kambing Pak Syamsuri selalu puas dengan kenikmatan rasa yang diberikan. Bumbu sate olahan memiliki karakteristik khusus dan memiliki cita rasa lebih istimewa daripada sate kambing lainnya.

Warung sate kambing ini buka pada jam 9 pagi, hingga jam 2:00 siang. Anda harus cepat-cepat memesan jika tidak ingin kehabisan sate.

Alamat: Jl. Anggrek, Sambelegi Kidul, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

3. Sate Petir Pak Nano

sumber: eatjogja.com

Para pecinta makanan pedas, bisa mengunjungi daerah Bantul. Karena di Sate Petir Pak Nano, ada hidangan sate spesial. Sate ini sebenarnya hampir sama dengan sate kambing pada umumnya, yang membedaan adalah irisan pedas cabai rawitnya.

Penamaan tingkat kepedasannya pun cukup unik yaitu mulai dari tingkat PAUD, TK dan tingkat terpedas yaitu tingkat profesor. Sate Kamping Pak Nano dihargai sekitar Rp. 23.000 dengan 5 batang sate ditambah saus kecap dengan irisan cabai rawit, irisan bawang merah, kol dan tomat.

Alamat: Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, Menayu Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

4. Sate Ayam Pak Kromo

sumber: madangwae.com

Sate Ayam Pak Kromo terletak di Jalan Walikota Suryotomo No. 3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta terkenal dengan cita rasanya yang enak dan murah. Dalam satu porsi dihargai Rp. 17.000 yang terdiri dari 10 tusuk sate, 5 tusuk sate daging dan 5 sate campuran telur. Sate Ayam Pak Kromo buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 WIB.

Alamat: Jl. Mayor Suryotomo No.3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

5. Sate Ayam Podomoro

sumber: makanjogja.com

Jika Anda tidak menyukai sate kambing, maka Sate Ayam Podomoro mungkin menjadi alternatif yang tepat. Tapi untuk menikmati kelezatannya, Anda harus bersabar karena sate ini cukup populer.

Tempat sate yang terletak di Jalan Mataram No. 11, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta, menyajikan tekstur yang berbeda dari ayam lain, yaitu menggunakan ayam kampung.

Warung ini buka mulai 10.00 hingga 20.00 WIB, tetapi setiap Jumat selalu merupakan hari libur. Meski ayam kampung, sebagian sate ayam di sini memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp. 14.000.

Alamat: Jl. Mataram No.11, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55213

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *