sumber: njogja.co.id

5 Tempat Makan Bakmie Jawa Legendaris dan Lezat di Jogja

Posted on

Mie Jawa atau Bakmi Jawa adalah makanan yang sangat mudah ditemukan di setiap sudut kota Jogja. Rasa mie yang enak telah diakui oleh masyarakat Jogja, dan bahkan oleh para wisatawan yang datang. Tak heran, jika hidangan ini sangat mudah ditemukan.

Kebanyakan pengunjung di Jogja akan membeli bakmi Jawa ketika mereka ingin pergi. Mie Jawa, biasanya dijual bersama dengan nasi goreng, mie goreng, mie rebus atau capcai. Untuk rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi, tentunya sangat lezat.

Bagi anda penggemar mie, berikut ini adalah tempat-tempat penjual Bakmi Jawa yang bisa anda buru.

1. Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele

sumber: jajanjogja.com

Ada tiga varian mie Jawa di sini, yaitu, mie goreng atau Godog, mie goreng dan mie dengan sedikit saus. Kita bisa memilih menggunakan mie kuning, mie beras atau campuran keduanya. Semua varian mie di sini lezat dengan kaldu ayam dan mie Jawa. Dilengkapi dengan daging ayam suwir, telur dan kol. Telur yang digunakan adalah telur bebek yang memiliki rasa lebih enak daripada telur ayam. Sebagian dari mie Pak Pele yang lezat dapat dinikmati dengan harga Rp. 19 ribu

Alamat: JL. Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

2. Bakmi & Bajigur Kadin

sumber: makanjogja.com

Rasa bakmi Jawa ini enak dan memiliki keunikan tersendiri. Keunikan bakmi Jawa Kadin adalah mie yang digunakan memiliki ukuran besar, seperti spageti. Bakmi Jawa Kadin sangat elastis dan cepat mengisi perut Anda. Ada banyak koki yang bekerja di gerobak bakmie Kadin. Meski begitu, rasa khas bakmi sama-sama lezat. Selain menyediakan Bakmie Jawa, tempat ini juga menyediakan minuman khas Jawa Barat yaitu Bajigur.

Alamat: Senopati, Jl. Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

3. Bakmi Jawa Mbah Mo

sumber: travelingyuk.com

Mbah Mo menawarkan berbagai mie yang menggoda. Mie yang dimasak di kompor arang ini menggunakan saus ayam rebus yang kental. Telur bebek digunakan untuk memperkaya rasa saus. Dilihat dari penampilannya, semangkuk mie di tempat ini terlihat pucat karena didominasi oleh nasi putih mie dan sausnya. Namun saat Anda makan, rasanya yang lezat langsung terasa di gigitan pertama. Harga mie mie bervariasi, sekitar Rp. 15 ribu – Rp. 20 ribu.

Alamat: Jl. Parangtritis No.KM, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55715

4. Bakmi Shibitsu

sumber: panduanwisata.id

Gerobak mie Shibitsu dapat ditemukan di Jalan Raya Bantul nomor 106. Warung mie ini telah berjalan selama 25 tahun. Kelezatan bakmi jawa di tempat ini membuat pengunjung ingin kembali dan merekomendasikannya kepada orang lain. Karenanya, mie Shibitsu tidak pernah sepi pengunjung setiap malam. Sebagian mie dapat dipesan dengan harga Rp. 16 ribu

Alamat: Jl. Bantul No.111, Gedongkiwo, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55142

5. Bakmi Jawa Mbah Wito

sumber: pesonanegeri.com

Bakmi Jawa ini tidak kalah legendaris karena sudah ada sejak 1942. Pendirinya, Mbah Wito, mengungkapkan bahwa kunci untuk kelezatan mie. Kaldu terbuat dari ayam rebus, udang basah dan gula batu. Karena itu, ada perpaduan unik rasa asin dan manis. Sedangkan mie adalah mie tepung beras biasa yang dimasak di atas kompor arang. Sebagian dari bakmi godhog terasa lebih baik bila ditemani oleh teh Mbah Wito yang panas, lengket, dan kental.

Alamat: Jalan Lingkar Utara, Piyaman, Wonosari, Ngisis, Piyaman, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *