Liputan6.com

12 Jajanan Tradisional Khas Bandung

Posted on

Salah satu hal menarik di Bandung adalah jajannya. Di Bandung terdapat berbagai macam makanan ringan atau jajanan khas bandung yang memiliki keunikan rasa dan bentuk. Jajanan khas Bandung sangatlah terjangkau dan mudah sekali ditemui di pinggiran jalan. Jika anda berknujung ke Bandung, cobalah jajanan-jajanan berikut.

1. Ambokueh

Panduan Wisata

Salah satu makanan khas Bandung adalah Ambokueh (Ambokue) yang merupakan sejenis makanan yang terbuat dari tepung beras kemudian diberi campurang toge goreng, lapciong, kuping, ngohiong, sekba dan kemudian diberi bumbu penyedap sayur mentimun. Makanan ini mengingatkan kita dengan Rice Mix Hainam, tetapi disajikan tanpa nasi. Tentu saja makanan ini ditujukan untuk non muslim karena terdapat daging babi.

2. Bajigur

Vemale.com

Bajigur adalah minuman tradisional orang Sunda di Jawa Barat. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampur terlalu sedikit jahe, garam, dan bubuk vanila. Minuman yang disajikan hangat biasanya dijual bersama Bandrek, kacang rebus, kentang rebus, klepon, dll dalam satu gerobak.

3. Bala – Bala

zonasedap.blogspot.com

Bala-bala adalah makanan ringan berisi sayuran goreng yang biasanya dijual oleh penjaja goreng. Bahannya terdiri dari taoge, kubis cincang (kubis) atau irisan wortel, dicampur dengan adonan tepung dan digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak.

4. Bandrek

TribunStyle.com

Minuman ini biasanya disajikan cuaca dingin, seperti di saat hujan atau malam hari. Bahan dasar bandrek yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi di daerah tertentu biasanya ditambahkan bumbu tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan Bandrek, seperti serai, merica, pandan, telur ayam, dan sebagainya.

5. Batagor

Liputan6.com

Secara umum, makanan ringan ini dibuat dari tahu bakso yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung tapioka dan berbentuk seperti bola dengan digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya adalah yang digoreng dan ditambah dengan saus kacang, kecap, sambal dan air jeruk nipis sebagai tambahan.

6. Cireng

Merdeka.com

Cireng adalah nama makanan yang sangat terkenal dan populer, terutama daerah Sunda. Makanan yang memiliki berbagai rasa mulai dari rasa sosis, rasa ayam, rasa bakso dan rasa keju juga lebih banyak jenis rasa lainnya.

7. Colenak

cookpad.com

Makanan ringan ini terbuat dari tape peuyeum atau singkong fermentasi. Pertama kali makanan ini diperkenalkan oleh seorang pria bernama Aki Murdi di Bandung pada tahun 1930

8. Combro

Dapur KOBE

Combro yang terbuat dari singkong parut yang dibentuk bulat bagian dalamnya diisi dengan cabai oncom lalu digoreng, karena itulah bernama combro.

9. Es Doger

Es doger berbahan dasar susu dan parutan kelapa, ditambah, nasi hitam, alpukat, dan lainnya. Sering dijajakan oleh penjual keliling menggunakan gerobak.

10. Lotek

Lotek hampir sama dengan Gado-gado, yaitu makanan seperti rebusan sayuran segar yang disiram saus bumbu berupa bumbu racikan bumbu. Keunikannya, sebagai saus di sisi kacang sering ditambahkan tempe dan bumbunya ditambahkan pasta udang, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek lebih manis dari pecel atau gado-gado.

11. Mie Kocok

Travelingyuk.com

Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang disajikan dalam kaldu kental, irisan kikil (tendon sapi), kecambah, bakso, lemon dan ditaburi seledri cincang, daun bawang dan bawang goreng. Nama mie kocok karena penyajiannya.

12. Misro

Misro adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong parut yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah dan kemudian digoreng, karena itulah diberi nama Misro dari amis dijero (Manis di dalam). Bentuknya bulat dan enak bila dimakan hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *