11 Tips saat Akan Berlibur ke Luar Kota dan ke Luar Negeri

Posted on

Berlibur dapat menjadi kegiatan yang baik bagi tubuh dan pikiran terhadap rutinitas sehari-hari yang sibuk dan melelahkan. Menjelajahi berbagai tujuan di luar negeri juga dapat membantu Anda menemukan inspirasi baru dan memberi Anda pengalaman baru. Namun berlibur di tempat-tempat lokal menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang membutuhkan selingan dari aktifitas yang menjenuhkan.

Jika anda hendak berlibur baik ke luar negeri atau pun di Indonesia, tips-tips berikut dapat membantu agar anda dapat menikmati liburan anda dengan sepenuhnya.

  1. Pilih tujuan yang menawarkan banyak tempat wisata gratis seperti menonton Wonder Full Light dan Water Show di Marina Bay Sands Singapore atau mengambil foto di Petronas Twin Towers di Kuala Lumpur. Anda juga dapat pergi untuk berburu foto-foto seni jalanan di Georgetown, Penang, untuk mempercantik konten media sosial Anda atau mengambil bagian dalam ritual perang air di Songkran Festival di Bangkok pada bulan April.
  2. Batasi biaya dengan memilih akomodasi dengan harga terjangkau. Fasilitas terbatas seharusnya tidak menjadi masalah selama tempat itu bersih, nyaman dan aman. Dan jangan ragu untuk menghubungi keluarga atau teman di negara tujuan, jika ada, untuk merekomendasikan akomodasi yang tepat.
  3. Pilih maskapai penerbangan bertarif rendah untuk terbang ke tujuan yang dipilih.
  4. Pastikan untuk hanya membawa barang yang dibutuhkan selama liburan, jadi Anda tidak akan membawa terlalu banyak tas dan / atau koper.
  5. Timbang koper dan perkirakan kenaikan berat badan dengan mempertimbangkan pakaian kotor yang mungkin basah setelah mengunjungi tempat wisata, barang belanja dan suvenir yang akan dibawa pulang.
  6. Lindungi diri Anda dan keluarga Anda dengan asuransi perjalanan sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman selama liburan.
  7. Sudah saatnya untuk berani mencoba makanan jalanan yang lebih ekonomis dan menawarkan pengalaman kuliner yang mengasyikkan. Datanglah ke salah satu makanan jalanan di Yaowarat, Bangkok, yang menyajikan berbagai hidangan khas Thailand. Lau Pa Sat yang dikenal sebagai surga makanan juga bisa menjadi pilihan ketika mengunjungi Singapura. Saat di Kuala Lumpur, kunjungi Jalan Alor dan nikmati Asam Laksa dan Nasi Kandar, serta Chendul ketika mengunjungi Penang.
  8. Sebaiknya siapkan daftar nama untuk diberikan oleh-oleh sebelum pergi. Hal ini dapat mengurangi kecenderungan belanja suvenir yang tidak perlu.
  9. Jangan berlibur selama musim liburan atau akhir pekan yang panjang. Selain bisa menikmati kondisi bandara dan kota tujuan yang tidak terlalu ramai, tiket masuk ke tempat wisata umumnya lebih murah pada hari kerja. Anda juga dapat memanfaatkan tiket diskon yang ditawarkan selama waktu tertentu.
  10. Periksa Cuaca. Ada baiknya untuk memperhatikan fator ini saat akan berlibur, karena jika diabaikan dapat menghancurkan seluruh rencana anda. Cobalah mengecek cuaca destinasi liburan anda secara online dan perhatikan juga musim.
  11. Jangan terlalu banyak sharing di media sosial. Memang banyak sekali hal yang ingin anda bagikan dan pamerkan kepada teman-teman anda di media sosial, namun janganlah terlalu fokus pada media sosial, karena hal itu dapat mengurangi pengalaman berlibur anda. Sebaiknya anda lakukan hal ini setelah sampai rumah saja.

Nah itulah 11 Tips saat Akan Berlibur ke Luar Kota dan ke Luar Negeri, Pastikan anda mengikuti tips-tips di atas agar liburan anda berjalan dengan lancar. Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan dan kesalamat baik saat akan berlibur ataupun saat sedang berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *