10 Barang yang Harus Anda Bawa saat Mendaki

Posted on

Mendaki gunung bisa menjadi salah satu kegiatan liburan menarik yang bisa anda coba. Terutama jika anda bosan dengan wisata alam pemandangan atau pantai. Mendaki akan menjadi pengalaman menyenangkan bagi anda yang belum pernah mencobanya, ada hal menarik yang dapat anda alami saat mendaki mulai dari berusaha mendaki dengan melewati rintangan untuk sampai ke atas, hingga setelah sampai ke puncak dan menikmati pencapaian dan pemandangan dari atas.

Jika anda bingung dengan barang apa saja yang harus dibawa saat mendaki, berikut ini adalah beberapa barang yang sebaiknya anda bawa dan siapkan.

1. Pakaian lapangan

Pakaian ini harus dibawa saat anda akan mendaki gunung. Pakaian lapangan terdiri dari beberapa potong pakaian seperti kemeja (bisa lengan panjang atau pendek, sesuai kebutuhan), celana lapangan, sepatu trekking yang digunakan untuk mendaki, serta topi untuk melindungi wajah dari terik matahari.

2. Perlengkapan pribadi

Saat akan mendaki tentu harus membawa barang-barang pribadi yang akan membantu saat anda mendaki gunung. Perlengkapan pribadi ada beragam, namun yang harus anda bawa antara lain, matras alas tidur, sleeping bag ata selimut, pakaian ganti untuk tidur dan menginap, sisanya anda dapat membawa barang-brang pribadi lainnya yang dirasa dibutuhkan saat mendaki, namun batasi barang pribadi yang dibawa agar tidak membebani.

3. Alat navigasi

Alat navigasi bisa berupa peta dan kompas. Hal ini penting jika anda kurang hafal dengan daerah sekitar. Selain itu, akan berguna apabila anda tersesat dan tak tau arah jalan pulang.

4. Jas Hujan

Walaupun cuaca cerah dan tidak sedang musim hujan, namun ada baiknya anda membawa barang ini untuk berjaga-jaga sehingga anda bisa tetap melanjutkan pendakian walau hujan.

5. Alat Penerangan

Benda ini juga penting untuk di bawa karena akan berguna saat malam hari. Anda dapat membawa headlamp atau senter, walaupun smartphone sudah memiliki flashlight namun sebaiknya membawa alat penerangan khusus agar lebih efektif.

6. Perlengkapan Camp

Pendakian tentu bisa berlangsung lebih dari sehari, untuk itu perlengkapan camp harus dibawa untuk beristirahat atau menginap. Perlengkapan Camp terdiri dari tenda, peralatan masak,

7. Makanan dan Minuman

Pastikan anda membawa makanan dan minuman yang mencukupi dengan durasi pendakian anda, karena saat pendakian tidak akan ada yang menyediakan makanan dan minuman. Anda bisa membawa makanan-makanan yang tahan beberapa hari. Untuk air, anda dapat membawa air yang cukup untuk konsumsi dan juga memasak, bisa juga mencari sumber air terdekat.

8. P3K dan obat-obatan pribadi

First Aid atau kalau di Indonesia biasa dikenal dengan P3K merupakan barang yang wajib anda bawa. Jika anda memiliki riwayat penyakit, jangan sampai lupa untuk membawa obat-obatan yang biasa anda konsumsi.

9. Pisau lipat dan alat multi-tool lain

Pisau sangat berguna dalam pertolongan pertama, persiapan makanan, perbaikan, dan pendakian yang harus dilakukan oleh setiap anggota. Selain itu, kit perbaikan kecil bisa sangat diperlukan. Dalam perjalanan singkat, banyak pendaki membawa multitool kecil, serta pita yang kuat dan sedikit tali pengikat.

10. Korek api

Seperti pisau, api sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti untuk memasak makanan dan air serta membuat api unggun.

Nah itulah, beberapa barang yang harus anda bawa. Ada bisa manambahkan barang-barang probadi anda, namun perlu diingat, pendakian merupakan kegiatan yang akan melelahkan, sehingga cukup bawa barang-barang seperlunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *